Pj Wali Kota H. Firmanza Irup Hari Kesaktian Pancasila

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si., bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di lapangan Pancasila, Selasa (01/10/2024).

Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober diperingati setiap tahunnya dengan upacara bendera.

Pada kesempatan itu, Pj. Wali Kota Palopo, Firmanza DP, mengimbau untuk menjadikan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk merajut kebersamaan dan merajut kekuatan secara bersama.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam perkembangan berdirinya negara kita, banyak tantangan yang kemudian bisa memecahbela kita,” kata Firmanza DP.

“Namun dengan adanya Pancasila itulah yang kemudian merajut kebersamaan kita, merajut kekuatan kita untuk tetap bersama dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Firmanza, momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga merupakan momen untuk bisa mempertahankan kemerdekaan.

“Sekaligus juga kita mengisi kemerdekaan, dengan terus bagaimana kita bisa mensejahterakan rakyat Indonesia,” tandasnya.

Upacara tersebut berlangsung khidmat dan diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pj. Wali Kota Palopo dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara, serta pembacaan UUD 1945.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Ikrar oleh Sekretaris DPRD Kota Palopo dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Kota Palopo.

Turut hadir pada upacara tersebut, Forkopimda Kota Palopo, pimpinan perangkat daerah Kota Palopo, Camat dan Lurah se-kota Palopo.

Selain itu, turut dihadiri pula oleh para Kepala Sekolah se-Kota Palopo, jajaran TP-PKK Kota Palopo, pimpinan perguruan tinggi se-Kota Palopo, serta para tamu undangan lainnya.(hms/idr)

  • Bagikan