Selamat Bertugas, 580 Anggota DPR Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

  • Bagikan
Suasana ruang rapat paripurna MPR RI terakhir di Kompleks Parlemen, Jakarta. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 telah resmi dilantik menjadi wakil rakyat untuk masa jabatan lima tahun mendatang. Mereka mengucapkan sumpah dan janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin di Ruang Paripurna DPR, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2024.

Pelantikan ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

Ketua MA Syarifuddin yang memandu prosesi pelantikan mengajak semua Anggota DPR RI terpilih untuk mengikuti sumpah janji jabatan.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah janji yang akan saudara-saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara RI. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD RI tahun 1945," ucap Syarifuddin diikuti para anggota dewa.

Menurut Syarifuddin, sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia, sehingga harus ditepati dengan segala keikhlasan.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945," imbuhnya.

Setelah itu, anggota DPR menandatangani berita acara sumpah janji yang dilakukan secara simbolis oleh 5 anggota dewan. Lalu ada penyerahan memori DPR oleh Pimpinan DPR periode 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR dan penandatanganan berita acara serah-terima.

Pimpinan DPR RI sementara Guntur Sasono dan Annisa Mahesa kembali ke meja pimpinan. Guntur berharap, semoga semua anggota yang telah melafalkan sumpah janji dapat mengemban amanah yang diberikan rakyat Indonesia.

"Pada kesempatan ini perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada Saudara Ketua MA dan Saudara-saudara rohaniawan atas pelaksanaan pengucapan sumpah janji anggota DPR RI 2024-2029," pungkas Guntur. (jp/pp/uce)

  • Bagikan