Dari Kepolisian hingga Legislator Pusat Senayan, Suka Membantu Tanpa Pamrih

  • Bagikan

Perjalanan Karir Seorang Anggota DPR RI Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pada pelantikan Anggota DPR RI Periode 2024-2029 yang dilaksanakan di Gedung Paripurna Utama DPR RI, Selasa 1 Oktober 2024, menjadi momen spesial bagi figur Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang, lantaran ini adalah kali pertamanya dilantik sebagai legislator pusat Senayan, pasca purnabakti dari institusi kepolisian.

Pelantikan sebagai Anggota DPR RI Periode 2024-2029 dilakukan Bersama 580 legislator lainnya dari seluruh dapil se-Indonesia. Bahkan pelantikan disaksikan langsung Presiden RI 2 periode Joko Widodo dan Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto.

Tak kalah membahagiakannya, pelantikan juga dihadiri istri tercinta Apriana Christine Tangyong, tiga orang anak yakni, Eka Kalalembang, Putri Kalalembang, dan Ipda Efraim Kalalembang yang baru saja lulus dari Akademi Kepolisian, serta dua menantu, tiga cucu, dan para Sahabat JFK yang ikhlas datang dari Dapil.

"Puji Tuhan, anak-anak semua sudah selesai. Ada yang selesai dari pendidikan Akademi Kepolisian yakni Ipda Efraim Kalalembang. Lalu, Anak kedua Putri Kalalembang lulusan Universitas Binus Jakarta, juga sudah menikah dengan seorang perwira kepolisian yaitu AKP Rene Zakaria Pongsilurang, dan anak Pertama, Eka Kalalembang jebolan Universitas Indonesia kini menjadi pengusaha Property yang juga sudah menikah dengan Istrinya Yunica Pallay jebolan dari ITB yang kini bekerja di Perusahaan Supply Chain Senior Manager at Procter & Gamble Procter & Gamble," jelas JFK yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Toraja Nusantara (IKaTNus) ini.

Perjalanan hidup hingga menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 bagi Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang sangatlah panjang. Sebagai salah satu putra terbaik asal Toraja yang lahir 30 November 1963, silam ini, JFK, sapaannya, pasca tamat dari SMA 1983, kemudian memberanikan diri mendaftar Akademi Kepolisian dan akhirnya lulus pada Angkatan 1988.

Menjadi seorang perwira kepolisian kala itu, banyak jabatan yang diembannya. Di antaranya, Wakapolres Tangerang, DirPolair Polda Metro Jaya, Kapolres Grobogan, Wakapoltabes Medan, DirPolair Polda Kalimatan Timur, DirPolair Polda Jawa Timur, DirPolair Sulawesi Selatan, Kepala Unit Penindakan Hukum Bakamla RI, dan jabatan terakhir sebelum pensiun adalah Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI dengan pangkat Jenderal Polisi Bintang Dua.

Selama menjabat itu, JFK juga mendapat banyak penghargaan tanda jasa. Salah satunya adalah SL. Bintang Bhayangkara Nararya.

Bagi JFK, yang diwawancara usai pelantikan Anggota DPR RI mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas capaian sampai saat ini. Baginya, dengan jabatan dan Amanah yang diberikan menjadi ladang untuk berbuat kebaikan lebih banyak lagi untuk membantu sesama yang membutuhkan. Terkhusus kepada masyarakat di Dapil Sulsel 3 (Luwu Raya, Toraja, Enrekang, Sidrap, dan Pinrang).

"Saat belum menjadi Anggota DPR RI pun kita banyak membantu masyarakat, apalagi setelah duduk menjadi Anggota DPR RI ini tentunya lebih banyak lagi yang bisa kita bantu untuk masyarakat," kata JFK yang juga politisi Partai Demokrat ini.

"Harapan masyarakat Sulsel, khususnya di Dapil Sulsel 3 kepada kami Anggota DPR RI, akan memberikan dan berbuat yang terbaik khususnya pada beberapa bidang yang sangat membutuhkan di Dapil Suslel 3, di antaranya sektor pariwisata, kesejahteraan, dan terkhusus masalah keamanan. Tidak semua pembangunan berjalan dengan baik tanpa ada rasa aman di masyarakat. Dengan background saya dari kepolisian, kita akan berkolaborasi dengan pihak keamanan di daerah mulai dari Polres, Dandim, hingga Pemda di Dapil Sulsel 3," ungkap JFK. (idr)

  • Bagikan