Program SESAMA Hadir Merangkul 497 Anak Tidak Sekolah di Palopo

  • Bagikan
Nampak Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si., menghadiri launching dan penandatanganan MoU Program Sekolah untuk Semua (Sesama). --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si., menghadiri launching dan penandatanganan MoU Program Sekolah untuk Semua (Sesama).

Kegiatan penandatanganan ini dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Wali Kota Palopo, Selasa, 1 Oktober 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP, mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi penanganan anak tidak sekolah di Kota Palopo.

“Kolaborasi ini dilaksanakan bersama para OPD, BUMN, BUMD, Universitas maupun para donatur di Kota Palopo dan kita akan melakukan percepatan terhadap program ini,” kata Asnita Darwis.

Penanganan anak yang tidak sekolah di Kota Palopo, kata Asnita, sebanyak 497 orang dan akan diakukan pengembalian anak tersebut ke sekolah.

“Baik itu ke sekolah formal, maupun sekolah informal yang ada di Kota Palopo,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Palopo, Firmanza DP, mengatakan sangat mengapresiasi program sekolah untuk sesama ini.

“Pemerintah berkewajiban menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan memberi akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan,” kata Firmanza DP.

Tugas pemerintah, kata Firmanza, adalah memastikan pelayanan demi kesejahteraan masyarakat.

“Dan pendidikan adalah salah satu aspek penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lebih jauh, Firmanza menjelaskan, program ini diharapkan mampu menyasar kondisi anak yang terpaksa harus putus sekolah.

“Semua harus dipetakan dan dicarikan solusi terbaik. Pada intinya anak sekolah yang tidak sekolah. Itu menjadi tanggungjawab kita bersama. Serta program ini kiranya terus dijaga kesinambungannya agar mencapai hasil yang baik,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Firmanza berpesan untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

“Kepada para kepala sekolah agar menyampaikan kepada siswa-siswinya untuk setiap hari Jumat melakukan sedekah Jumat senilai 2.000 rupiah. Itu untuk diberikan kepada orang-orang yang sedang mengalami kesusahan,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kota Palopo, Ketua Dewan Pendidikan Kota Palopo, para Kepala Sekolah, serta tamu undangan lainnya. (rls/pp)

  • Bagikan