Warga Walmas Belum Merasa Merdeka, Andi Mammang: Pilih AgusWin untuk Perubahan

  • Bagikan
  • Warga Minta Bedah Rumah

BELOPA --- Meski Indonesia telah merdeka selama 79 tahun, sebagian warga di Kecamatan Walmas, Kabupaten Luwu, merasa belum merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya. Mereka menilai beberapa pemerintahan sebelumnya gagal membangun wilayah Walmas bahkan terkesan tidak peduli terhadap kebutuhan masyarakat setempat baik infrastruktur maupun beberapa sektor lainnya.

Berbagai persoalan infrastruktur dan kesejahteraan menjadi keluhan yang terus berulang dari warga, yang kini berharap adanya perubahan signifikan.

Dalam berbagai kampanye politik sekaligus momentum untuk menyerap aspirasi masyarakat, dilakukan di beberapa desa di Walmas.

Ketua Gerindra Luwu yang juga Wakil Ketua II DPRD Luwu, Andi Mammang yang masuk dalam barisan AgusWin, menyampaikan bahwa untuk membawa perubahan di Walmas secara khusus dan Kabupaten Luwu secara umum, masyarakat harus memilih pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh Partai Gerindra, yakni Agussalim dan Erwin Barabba (AgusWin) pada Pilkada Luwu 2024.

“Dengan memilih pasangan nomor 1 ini, anggaran dari pusat akan lebih mudah turun ke daerah. Karena Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra, saat ini adalah Presiden terpilih, yang artinya AgusWin didukung oleh partai penguasa,” kata Andi Mammang dalam orasinya di hadapan masyarakat Walmas.

Andi Mammang menambahkan bahwa jika pasangan AgusWin terpilih, sinergitas antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat akan memudahkan masuknya anggaran pusat untuk pembangunan di Luwu. Hal ini sangat penting mengingat kemampuan keuangan daerah yang terbatas, yang selama ini dianggap tidak mampu mendukung pembangunan infrastruktur secara maksimal di Walmas dan daerah lainnya di Luwu. Selain partai Gerindra, ada beberapa partai besar yang juga mengusung AgusWin yakni PDIP sebagai partai pemenang pileg dan Partai PPP serta PAN dan Hanura yang masing-masing memiliki kursi di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam orasinya, Andi Mammang mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang hadir, khususnya ketika berbicara soal janji pembangunan yang lebih cepat dan mudah dengan memilih pasangan Agus-Win yang mengusung tagline “Lebih Mudah, Lebih Cepat.”

Sejumlah warga pun menyampaikan aspirasi dan harapan mereka terhadap perubahan yang dijanjikan. Salah seorang warga Desa Panggalli, misalnya, berharap ada pengadaan bibit dan kemudahan dalam mendapatkan pupuk. Sementara warga Desa Harapan dan Bosso Timur mengharapkan program bedah rumah dan pembangunan jalan, mengingat kondisi infrastruktur di desa mereka yang belum memadai. Salah satu warga Bosso Timur menyatakan bahwa ia sudah hidup selama 50 tahun tanpa pernah merasakan aspal di desanya.

Menanggapi hal tersebut, Calon Wakil Bupati Luwu, Erwin Barabba, berjanji akan membangun jalan desa ini dan irigasi untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di Bosso Timur. Ia juga menyebutkan bahwa dua unit alat berat berupa ekskavator akan disiagakan agar ketika terjadi banjir, alat tersebut bisa segera digunakan. Erwin menggaransi bahwa janji-janji tersebut akan diwujudkan jika pasangan Agus-Win terpilih.

Selain masalah banjir dan infrastruktur jalan, calon bupati Agussalim juga berkomitmen untuk memenuhi permintaan warga terkait program bedah rumah, yang menjadi salah satu agenda utama Agus-Win. Agussalim juga menekankan pentingnya memperbaiki layanan kesehatan di Walmas, dengan rencana pembangunan satu unit rumah sakit dan pengadaan layanan terpadu untuk memudahkan pengurusan administrasi, sehingga warga tidak perlu pergi jauh-jauh ke ibu kota Kabupaten di Belopa. Bukan hanya itu pelayanan di bidang pendidikan seperti pengadaan beasiswa untuk anak-anak yang memiliki prestasi namun latar kehidupannya kurang mampu, "ada biasa anak-anak kita yang pintar tapi orang tuanya tidak mampu, maka ia kita berikan beasiswa untuk kuliah di Sulawesi Selatan di mana ia mau, ada juga beasiswa untuk keluar negeri, " ujarnya.

Ida Zet Parante, anggota DPRD Luwu dari fraksi Gerindra dapil Walmas, juga menyuarakan dukungannya untuk pasangan Agus-Win. Ia menegaskan bahwa jika masyarakat Walmas menginginkan perubahan nyata di daerah mereka, maka pasangan ini adalah pilihan yang tepat."Kenapa mau pilih yang lain kalau ada yang sudah berkomitmen akan membangun daerah kita , "ujar anggota DPRD Luwu 3 periode ini.

Selain menyampaikan visi dan program kerja,
di beberapa desa, termasuk Desa Panggalli, Desa Harapan, Desa Bosso Timur, Desa Awo Gading, Desa Salupao, Desa Salutubu, dan Desa Salulino. Pasangan Agus-Win juga melakukan peresmian posko pemenangan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pendekatan langsung kepada masyarakat sekaligus menyerap aspirasi mereka demi membangun Walmas yang lebih baik.

Pilkada Luwu 2024 menjadi momentum penting bagi masyarakat Walmas untuk menentukan masa depan wilayah mereka. Harapan besar akan perubahan kini berada di pundak pasangan AgusWin.(ary)

  • Bagikan

Exit mobile version