PLN Imbau Jaga Jarak Aman Pemasangan APK

  • Bagikan
Rathy Shinta Utami Manager PLN UP3 Palopo

Manager Rathy: Terlalu Dekat Berpotensi Ganggu Aliran Listrik

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO - PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Palopo menghimbau agar peserta Pilkada 2024 tidak memasang Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho dll, di instalasi kelistrikan baik di tiang, gardu distribusi, atau dekat jaringan distribusi karena berpotensi menimbulkan bahaya kelistrikan bagi masyarakat.

Manager PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami menjelaskan selama masa kampanye Pilkada 2024, banyak alat peraga kampanye berupa bendera, baliho, maupun umbul-umbul yang dipasang di tempat umum, termasuk di dekat jaringan listrik.
“Kami mengimbau agar peserta Pilkada 2024 tidak memasang alat peraga kampanye di tiang listrik atau gardu distribusi karena akan berpotensi bahaya listrik ketika tersentuh jaringan,” ujar Rathy.

Rathy menambahkan selama masa kampanye Pilkada 2024, banyak alat peraga kampanye berupa bendera, baliho, maupun umbul-umbul yang dipasang di tempat umum. Oleh karena itu, ia mengimbau agar pemasangan alat peraga kampanye memperhatikan jarak aman dengan jaringan Listrik.

“Saat melakukan pemasangan alat peraga kampanye aga memperhatikan jarak aman dengan kabel dan instalasi listrik demi keamanan dan keselamatan masyarakat. jarak aman antara APK dengan jaringan PLN kurang lebih 2,5 meter dari kabel tegangan menengah, sedangkan jarak dari kabel tegangan rendah kurang lebih satu meter,” tambah Rathy.

Rathy menekankan bahwa potensi bahaya yang ditimbulkan akibat alat peraga kampanye yang menempel pada jaringan listrik adalah korsleting listrik sampai bahaya ledakan dan kebakaran.

Apabila masyarakat menemukan potensi bahaya kelistrikan atau memerlukan layanan kelistrikan, PLN juga menghimbau masyarakat untuk dapat melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile. (idr)

  • Bagikan

Exit mobile version