Logistik Pilkada KPU Luwu Utara Sudah Tiba, 1.716 Bilik Suara dan 572 Botol Tinta

  • Bagikan
Ketua KPU Luwu Utara, Hayu Vandy. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA -- Logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mulai berdatangan di Kabupaten Luwu Utara.

Selasa 1 Oktober 2024 malam, sebanyak 1.716 bilik suara tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara.

Bilik suara ini didrop ke 572 TPS yang ada di Luwu Utara. Selain bilik suara, juga terdapat 572 botol tinta Pilkada juga telah tiba di KPU Luwu Utara. Termasuk ribuan lembar segel yang akan digunakan sebelum pencoblosan.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Luwu Utara, Hayu Vandy kepada Palopo Pos, Kamis 3 Oktober 2024.

Hayu mengatakan, logistik yang datang di gudang KPU saat ini adalah untuk kebutuhan non Paslon.

"Logistik yang datang baru sebagian kebutuhan yang digunakan oleh KPPS di TPS," kata Hayu Vandy.

Menurutnya, setiap TPS akan dijatah tiga bilik suara. Tiga bilik suara yang dipasang ini untuk memudahkan dan mempercepat proses pencoblosan di TPS.

Hayu Vandy menyebutkan, logistik yang didatangkan dari KPU Sulsel menggunakan mobil truk ini langsung didrop masuk ke gudang logistik KPU.

Sementara kotak suara belum tiba di Luwu Utara. Kotak suara yang dibutuhkan sebanyak 1.144 lembar. KPU masih menunggu pengiriman dari KPU Sulsel.

''Sejumlah logistik lainnya berupa kabel ties juga belum tiba. Kabel ties ini nantinya akan digunakan untuk pengamanan kotak suara. Logistik lain juga masih dalam proses pengadaan. Seperti surat suara, alat coblos, alat bantu tunanetra, dan sebagainya,'' jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Luwu Utara untuk laki-laki sebanyak 118.382 jiwa, sedangkan DPT untuk perempuan sebanyak 118.563 jiwa. Jadi jumlah keseluruhan pemilih di Kabupaten Luwu Utara sebanyak 236.945 jiwa.

Mereka ini berada pada 15 kecamatan yang ada di Luwu Utara. Berkaca dari Pemilu Februari 2024 lalu, untuk antisipasi kekurangan surat suara, masing-masing TPS ditambahkan 2 persen.(junaidi rasyid)

  • Bagikan