Puncak HUT TNI ke-79 di Kota Palopo Dirangkaikan Kegiatan Sosial dan Latber Trail Diikuti 600 Peserta

  • Bagikan

Dandim 1403/Palopo (foto atas memegang mic) beserta pejabat Forkopimda dan pimpinan kantor vertikal se Luwu Raya. Dan jajaran Kodim 1403/ Palopo (foto bawah) bagi Sembako usai upacara HUT TNI ke-79 di Lapangan Gaspa

PALOPOPOS CO.ID, PALOPO-- Puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 di Lapangan Gaspa Kota Palopo, Sulawesi Selatan, dirangkaikan dengan kegiatan sosial dan Latihan Bersama (Latber) Trail, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Dimulai dengan upacara yang dipimpin Dandim 1403/ Palopo, Letkol Arm Kabit Bintoro Priyambodo, S.I.P dan diikuti kurang lebih 500 peserta.

Usai upacara dilaksanakan sekira pukul 09.00 Wita, kemudian dilanjutkan dengan beberapa kegiatan yang diantaranya, pembagian 30 paket Sembako kepada masyarakat kurang mampu, pemberian hadiah pemenang lomba PBB tingkat SMP dan SMA se- Kota Palopo, Latber Trail yang diikuti 600 peserta, penampilan baris berbaris Pocil Polres Palopo dan masih banyak kegiatan lainnya.

Puncak acara peringatan HUT TNI ke-79 yang diperingati tiap 5 Oktober itu, dihadiri dan diikuti sejumlah pejabat Forkopimda dan pimpinan kantor vertikal se-Luwu Raya.

Diantaranya, Kasdim 1403/ Palopo, Mayor Arm Syaparuddin, Asisten 1 Pemkot Palopo, Dr. H Andi Poci, S.IP.., M. Si, Kepala Kejaksaan Palopo, Ikeu Bachtiar, S. H., M. H, Kapolres Palopo, AKBP Syafi'i Nafsikin, S.H., S.I.K, Danyon D Pelopor Brimob Baebunta, Kompol Muh. Agus, S.,E.,MM, Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, S.H., M.Si, Kapolres Luwu Utara, AKBP M.Husni Ramli, S.,I.K.,M.H.,M.Tr.,Opsla, Kapolres Luwu Timur, AKBP Zulkarnain, S.H.,S.I.K.,M.H, Ketua Pengadilan Negeri Palopo, Komang Dediek Prayoga, S.H., M.Hum, Kepala BNN Palopo, Herman, S.pd.,M.H, Ketua Pengadilan Agama Palopo, Tommi, S.H, para tamu Forkopimda se- Luwu Raya, Perwira Kodim 1403/ Palopo dan tamu undangan lainnya.

Ikut sebagai peserta upacara diantaranya, personil TNI AD 300 orang personil, Personil Polres Palopo 30 orang, Personil Yon D Pelopor Brimob Polda Sul- Sel 30 orang, Personil Satpol PP Kota Palopo 30 orang dan pelajar 60 orang.

Momen puncak HUT TNI ke- 79 itu, Dandim 1403/ Palopo membacakan 7 poin amanat Panglima diantaranya;

  1. Mengajak seluruh prajurit untuk menyambut Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih. Dan yakin pada masa kepemimpinan presiden terpilih, Pranowo Subianto, TNI akan semakin kuat, berwibawa dan disegani oleh negara-negara di dunia.
  2. Dengan semakin dekatnya pelantikan Presiden terpilih, setiap Prajurit TNI harus selalu waspada dan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif yang berusaha memecahbelah soliditas TNI, menghancurkan sinergitas TNI-Polri dan Kementerian/ Lembaga lainnya, serta merusak kemanunggalan TNI dengan rakyat.
  3. Perkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan meluangkan waktu serta meluaskan hati untuk selalu beribadah.
  4. Pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber- Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas kedepan.
  6. Bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, semua instansi maupun komponen bangsa, guna menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman, tertib dan lancar.
  7. Laksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan dilandasi niat ibadah, serta hindari segala bentuk tindakan melawan hukum atau merugikan rakyat. Karena tugas TNI semata-mata adalah untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

"Alhamdulillah puncak acara peringatan HUT TNI ke-79 hari ini, berjalan dengan baik dan lancar. Kita semua ber do'a agar TNI kedepannya makin kuat, solid, dicintai masyarakat dan tentunya sinergitas bersama POLRI serta pemerintah kita jaga dan rawat bersama demi kemajuan bangsa dan negara," ucap Kabit Bintoro Priyambodo usai rangkaian kegiatan.

"Sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian TNI kepada masyarakat, lanjutnya, di hari spesial ini kami jajaran Kodim 1403/ Palopo membagikan beberapa paket Sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Semoga sedikit bantuan itu bisa meringankan beban mereka yang menerima,"harapnya.(Riawan)

  • Bagikan

Exit mobile version