Liga Inggris: Klub Raksasa Masih Perkasa, Liverpool Tetap Pimpin Klasemen, City Membuntuti

  • Bagikan

PALOPOPOS CO.ID, INGGRIS-- Liverpool tetap menjaga posisinya di puncak klasemen sementara Liga Inggris. Itu setelah berhasil mengalahkan sang tuan rumah Crystal Palace dengan skor tipis 1-0.

Duel pada laga pekan ke-7 Premier League 2024/2025 di Stadion Selhurst Park berlangsung Sabtu, 5 Oktober 2024 malam Wita.

Sang arsitek Arne Slot melakukan sejumlah rotasi pada laga ini. Cody Gakpo dan Diogo Jota bermain sejak menit awal. Kombinasi ini membuat Liverpool unggul cepat. Mereka bikin gol pada menit ke-9.

Diogo Jota dengan cetakan menyambar umpan yang dilepas Cody Gakpo. Gol penting yang membuat The Reds lebih percaya diri pada babak pertama.

Pada babak pertama, Liverpool menguasai laga dengan 73 persen penguasaan bola. The Reds juga punya banyak peluang. Mereka melepas delapan shots, akan tetapi hanya dua yang mengenai target dan satu menjadi gol.

Pada partai lainnya, Sang penguntit puncak klasemen Manchester City melawan Fulham.

The Cityzens mampu menang dengan skor 3-2. Duel yang penuh drama gol ini, sang tamu Fulham unggul terlebih dahulu di laga ini berkat gol Andreas Pereira. Namun City mampu membalikkan kedudukan berkat sepasang gol dari Mateo Kovacic.

City berhasil menambah keunggulan mereka berkat gol Jeremy Doku, sementara Rodrigo Muniz mampu mencetak gol kedua Fulham di laga ini.

Berkat tambahan tiga poin ini, Manchester City menempati peringkat kedua klasemen sementara EPL dengan raihan 17 poin. Sementara Fulham harus rela turun ke peringkat enam.

Di partai lainnya, Arsenal menjamu Southampto. Pada laga Sabtu (5/10/2024) malam WIB itu, Arsenal meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas Soton.

Mikel Arteta membuat banyak perubahan di starting XI. Raheem Sterling dimainkan sejak menit awal. Namun, perubahan paling mencolok adalah memainkan Thomas Partey jadi bek kanan.

Southampton bermain bermain bertahan dengan formasi 5-4-1. Mereka hanya mampu melepas satu shots on target sepanjang babak pertama.

Arsenal bermain dominan, dengan 69 persen penguasaan bola. Arsenal punya beberapa peluang gol. Pada menit ke-40, Jorginho melepas tendangan jarak jauh yang masih melebar.

Lalu, menit 45+1, giliran Thomas Partey yang melepas tendangan dari luar kotak penalti. Sepak Partey bisa diblok Aaron Ramsdale, yang kemudian bertabrakan dengan Raheem Sterling. Babak pertama berakhir imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, pertandingan berjalan sangat menarik. Pada menit ke-55, Cameron Archer membawa Soton memimpin 1-0. Gol ini membuat kubu Arsenal segera meningkatkan intensitas serangan mereka.

Tak butuh waktu lama, Arsenal segera membuat skor menjadi 1-1. Pada menit ke-58, Kai Havertz mencetak gol usai menerima umpan Bukayo Saka.

Arsenal lantas memainkan Leandro Trossard, Gabriel Martinelli, dan Mikel Merino. The Gunners makin agresif. Upaya mencetak gol dari situasi sepak sudut makin masif walau belum ada gol hingga menit ke-65.

Saka, assist lagi! Arsenal comeback! Pada menit ke-68, umpan Saka dituntaskan oleh Martinelli menjadi gol. Arsenal kini unggul 2-1.

Saka! Kali Saka mencetak gol. Pemain Timnas Inggris itu mencocor coba dari penguasaan kaki lawan. Sepakan keras Saka meluncur tajam ke gawang Ramsdale. Gol ini sekaligus menjadi tanda akhir perlawanan Soton. Arsenal menang 3-1.

Hasil pertandingan ini, Liverpool tetap pemuncak klasemen dengan poin 18 dibuntuti Manchester City dan Arsenal yang mengoleksi poin 17 dari tujuh partai yang telah dimainkannya. Arsenal di urutan ke tiga karena perbedaan selisih gol. (*/Uce)

Daftar Susunan Pemain

Crystal Palace (3-4-2-1): Henderson; Chalobah (89' Kamada), Guehi, Lacroix; Munoz (17' Clyne), Wharton (60' Hughes), Lerma, Mitchell (60' Mateta); Sarr, Eze; Nketiah.

Manajer: Oliver Glasner.

Liverpool (4-2-3-1): Alisson (79' Jaros); Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Tsimikas (79' Robertson); Gravenberch, Mac Allister (46' Szoboszlai); Jones (89' Endo), Salah, Jota; Gakpo.

Manajer: Arne Slot.

Daftar Susunan Pemain

Manchester City (4-1-4-1): Ederson; Gvardiol, Dias, Akanji, Lewis; Kovacic; Grealish, Gundogan, Foden, Silva; Haaaland

Pelatih: Josep Guardiola

Fulham (5-4-1): Leno; Robinson, Bassey, Andersen, Tete, Iwobi; Traore, Lukic, Berge, Pereira; Jimenez

Pelatih: Marco Silva

Daftar Susunan Pemain

Arsenal (4-4-2): Raya; Partey (84' Tomiyasu), Saliba, Gabriel, Calafiori (90' Kiwior); Saka, Joginho (60' Merino), Rice, Sterling (60' Martinelli); Havertz, Jesus (60' Trossard).

Manajer: Mikel Arteta.

Southampton (5-4-1): Ramsdale; Sugawara (90' Taylor), Harwood-Bellis, Bednarek, Walker-Peters, Manning (74' Onuachu); Downes, Aribo, Fernandes (74' Armstrong), Dibling; Stewart (27' Acher).

Manajer: Russell Martin.

KLASEMEN SEMENTARA LIGA INGGRIS

  • Bagikan

Exit mobile version