BMKG Prediksi 10 Daerah Ini Dilanda Hujan Intensitas Sedang, Tana Luwu Hujan Ringan Sore Hari

  • Bagikan
Ilustrasi musim hujan.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprediksi hujan berintensitas ringan berpotensi terjadi di 12 wilayah di Indonesia pada Senin, 7 Oktober 2024.

Daerah-daerah itu meliputi Aceh; Padang, Sumatera Barat; Pekanbaru, Riau; Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung; Serang, Banten; dan Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemudian Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Samarinda, Kalimantan Timur; Kendari, Sulawesi Tenggara; Gorontalo; Ternate, Maluku Utara; dan Manokwari, Papua Barat.

Lalu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan akan mengguyur 10 daerah, yaitu Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Jambi; Bengkulu; Palangkaraya, Kalimantan Tengah; Pontianak, Kalimantan Barat; dan Palu, Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, hujan berintensitas sedang diprediksi pula akan mengguyur Sorong, Papua Barat; Nabire, Papua; Ambon, Maluku; dan Jayawijaya, Papua Pegunungan.

Sementara hujan lebat atau hujan disertai petir/kilat berpotensi terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat; Manado, Sulawesi Utara; Jayapura, Papua; dan Merauke, Papua.

Khusus di Tana Luwu yang meliputi Palopo Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, hanya Kabupaten Luwu yang tidak hujan. Tapi yang lainnya akan dilanda hujan. Hanya saja, intensitasnya ringan dan tidak merata.

Sedangkan potensi kondisi cuaca berawan tebal di enam daerah, yakni Jakarta, Bandung, Jawa Barat; Semarang, Jawa Tengah; DI Yogyakarta; Surabaya, Jawa Timur, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Kemudian cerah hingga berawan diprediksi BMKG terjadi di Denpasar, Bali serta Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Informasi cuaca tersebut merupakan gambaran cuaca secara umum di masing-masing wilayah di Indonesia. Masyarakat dapat mengetahui informasi terkini yang telah diperbaharui setiap tiga jam sekali di aplikasi Info BMKG.

"Bagi sobat BMKG yang ingin mengetahui informasi cuaca secara khusus, yang diperbaharui setiap tiga jam di wilayah masing-masing, sobat dapat memantau aplikasi Info BMKG yang dapat sobat unduh melalui App Store maupun Play Store," sebut BMKG.

Di Luwu, kondisi cuaca cerah berawan. Mulai pagi sampai sore cerah berawan. Sementara malam hari berawan.

Di Palopo, pagi ini cuaca cerah berawan. Tapi, pukul 13.00 Wita akan terjadui hujan ringan. Malam hari kembali kondisi dalam keadaan cuaca cerah. Begitu juga kondisi di Luwu Timur dan Luwu Utara. (fajar)

  • Bagikan