Memantau Peningkatan Standar Mutu Layanan di Puskesmas Bantilang Luwu Timur

  • Bagikan
BPJS Kesehatan Cabang Palopo melaksanakan kredensialing di FKTP maupun FKRTL di Unit Pelaksana Teknis daerah (UPTD) Puskesmas Bantilang, Kabupaten Luwu Timur, Selasa (8/10/2024). --IST--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID Jamkesnews – Sebagai langkah untuk memastikan kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan yang akan atau akan melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan, secara berkala BPJS Kesehatan melaksanakan kredensialing di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Seperti yang sedang dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Palopo di Unit Pelaksana Teknis daerah (UPTD) Puskesmas Bantilang, Kabupaten Luwu Timur, Selasa (8/10). Melalui pelaksanaan kredensialing, BPJS Kesehatan dapat memastikan bahwa fasilitas kesehatan yang akan bekerja sama memiliki kemampuan yang memadai untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala UPTD Puskesmas Bantilang, Mohammad Rum selaku mengatakan bahwa kredensialing ini salah satu kegiatan dalam menetapkan standar layanan kesehatan.

“Dengan adanya kredensialing ini menetapkan standar mutu pelayanan terutama untuk wilayah lima desa yang ada di UPTD Puskesmas Bantilang dan kredensialing ini juga memberikan kompetisi kepada kami untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan. Karena kami di Kecamatan Towuti ini ada empat puskesmas yaitu Puskesmas Wowundula, Puskesmas Timampu, Puskesmas Mahalona dan Puskesmas Bantilang,” jelas Mohammad Rum.

Menurutnya, upaya UPTD Puskesmas Bantilang dalam meningkatkan standar pelayanan dengan cara memperbaiki dan memenuhi sarana yang berada di UPTD Puskesamas Bantilang. Walaupun UPTD Puskesmas Bantilang ini termasuk wilayah Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan (DTPK), namun tidak menurunkan semangatnya dalam memperbaiki layanan kesehatan.

“Terutama peningkatan sarana dari tahun ke tahun kami juga berupaya untuk memperbaiki sesuai dengan standar. Dan UPTD Puskesmas Bantilang sendiri masuk kategori DTPK, tapi tidak menutup semangat kami untuk melengkapi apa yang ada seperti standar di kota,” ucapnya.

Mohammad Rum juga berharap kepada BPJS Kesehatan untuk tetap dapat bekerja sama dengan baik, karena dengan sinergi dan kolaborasi yang baik dengan BPJS Kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang berada di Puskesmas Bantilang.

“Dan harapan kami juga kerja sama dengan BPJS Kesehatan tetap berlanjut karena dengan adanya sokongan dari BPJS Kesehatan, kerja sama ini dapat membantu untuk peningkatan pelayanan terutama pada pemenuhan sarana dan prasarana,” jelasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan menyampaikan bahwa kegiatan kredensialing yang dilakukan Tim Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Cabang Palopo sebagai bentuk kepedulian kepada penyelenggaraan Program JKN, sehingga BPJS Kesehatan juga bisa dapat melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan bagi peserta JKN di fasilitas kesehatan secara langsung.

“Yang ingin didapat ketika kunjungan langsung tim kredensialing adalah pemenuhan kewajiban fasilitas kesehatan dalam dimensi mutu layanan, dimana hasil dari setiap kunjungan tim kredensialing tentunya sebagai bahan pertimbangan kami untuk melakukan kerja sama dengan fasilitas kesehatan tersebut dan juga akan disampaikan kembali kepada fasilitas kesehatan apa-apa saja yang harus dilengkapi dan harus dipenuhi sebagai salah satu syarat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ungkap Dahniar.

Dahniar juga menambahkan tujuan kegiatan kredensialing adalah proses evaluasi fasilitas kesehatan dan penyedia layanan kesehatan guna menentukan kelayakan mereka untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Penilaiannya didasarkan pada aspek sumber daya manusia, sarana prasarana, sistem informasi dan komunikasi, peralatan medis dan obat-obatan, lingkup pelayanan dan komitmen mutu.

"Tujuan kredensialing untuk memastikan bahwa fasilitas dan penyedia layanan kesehatan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat, secara khusus peserta JKN," pungkasnya. (sy/ra)

  • Bagikan