Pemilih Cerdas, Wajib Pahami Visi Misi Kandidat, Berikut Visi Misi Cabup/Wacabup Lutra

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA -- Hari "H" pemungutan suara pemilihan serentak kepala daerah se-Indonesia akan digelar 27 November 2024, atau sekira 2 bulan lagi. Untuk Pilkada Luwu Utara akan diikuti 4 pasang kontestan Calon Bupati dan wakil Bupati. Untuk membangun Luwu Utara lima tahun ke depan, kandidat tentu saja memiliki visi misi untuk membangun Luwu Utara lima tahun ke depan.

Sesuai data yang kami peroleh dari berbagai sumber pasangan Nomor Urut 1 yakni Arsyad Kasmar-Fajar Jabir mengusung visi membangun Luwu Utara yang mandiri, maju dan berdaya saing. Sedangkan Misi pasangan yang ber tagline (Akar) Ketika terpilih adalah.

Mewujudkan Pemerintahan Yang Adaptif, Tanggap, Transparan, Partisipatif, Inovatif Dan Berkeadilan Berdasarkan Prinsip Good Governance. Mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal (Led) Dan Diversifikasi Usaha. Meningkatkan Dukungan Untuk Umkm Dan Sektor Pertanian Serta Mengeksplorasi Potensi Ekonomi Baru Dalam Rangka Menciptakan Lapangan Kerja Dan Meningkatkan Pendapatan Masyarakat.

Kemudian Peningkatan Kesejahteraan Sosial Melalui Pemerataan Akses Layanan Umum; Meningkatkan Akses Dan Kualitas Pendidikan, Kesehatan, Dan Layanan Sosial Untuk Semua Lapisan Masyarakat, Dengan Fokus Pada Pengentasan Kemiskinan Dan Peningkatan Kualitas Hidup;. Mendorong Peningkatan Infrastruktur Teknologi Dan Digital. Meningkatkan Akses Dan Kualitas Infrastruktur Teknologi Untuk Mempercepat Transformasi Digital Dan Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik; dan Mengoptimalkan Potensi Wisata, Seni Dan Budaya Secara Komprehensif, Terpadu Dan Berkelanjutan Dengan Mengedepankan Prinsip Kelestarian Dan Budaya Untuk Memperkenalkan Secara Luas Kekayaan Kearifan Lokal Yang Ada.

Sedangkan pasangan Andi Abdullah Rahim- Jumail Mappile nomor urut 2 mengusung Visi terwujudnya Luwu Utara unggul terkemuka dan akseleratif menuju masyarakat maju.
Sementara visi Pasangan (AMANJI) ini adalah membangun kawasan perdagangan ekonomi perkotaan, normalisasi aliran sungai dan interkoneksitas infrastruktur jalan antara desa berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Peningkatan kualitas Sumber daya Manusia (SDM) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan sarana prasarana kesehatan.

Kemudian Peningkatan intensifikasi dan ekstensifikasi Pertanian, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Tata Kelola pasca panen serta memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan. Dan Menghadirkan Lembaga pemerintahan yang tepat ukur dan tepat fungsi serta lingkungan kerja yang kondusif.

Untuk Nomor urut tiga Suaib Mansyur-Triyono Kusnan mengusung visi (SMART) atau Huruf (S) Sejahtera. Atau Menggambarkan kondisi dimana seluruh masyarakat Luwu Utara dapat menikmati kualitas hidup yang layak, termasuk kesejahteraan ekonomi, sosial dan lingkungan secara merata.

(M) Maju, mencerminkan kemajuan dalam berbagi aspek kehidupan di Luwu Utara, termasuk ketahanan ekonomi yang kuat, berkelanjutan dan memiliki daya saing, inovasi dalam teknologi, Kesehatan dan pendidikan, serta peningkatan infrastruktur yang mendukung mobilitas dan produktivitas.

(A) Adaptif atau menunjukkan kemampuan Luwu Utara dalam menyesuaikan dengan perubahan lingkungan, sosial dan ekonomi yang terjadi, baik secara lokal maupun global.

(R) Respontif menandakan kemampuan dan kesiapan Luwu Utara untuk cepat tanggap dalam menghadapi kebutuhan dan aspirasi masyarakat, serta dalam merespons berbagai situasi darurat atau krisis yang mungkin terjadi.

Terakhir huruf (T) adalah Tangguh menggambarkan ketahanan Luwu Utara dalam menghadapi berbagai tantangan, baik itu bencana alam, perubahan iklim, krisis ekonomi, maupun ancaman sosial dengan puilh lebih cepat dan terus maju pada konsisi yang sulit.

Sedangkan misi yang diemban pasangan SMART adalah Mewujudkan Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Sehat, Cerdas, produktif dan Berbudaya Memperkuat Pembangunan Ekonomi yang adaptif, Berdaya Saing Berkelanjutan. Mempercepat Pemerataan Pembangunan yang Berkualitas, Inklusif dan Ramah Lingkungan dan Mengembangkan tata kelola Pemerintahan yang Profesional, Respondif dan Kolaboratif.

Terakhir Paket Muh Fauzi- Ajie Saputra

Mengusung visi ”Luwu Utara Produktif, Merata dan Berkelanjutan” Produktif : Pada tahap pertama RPJPD 2025-2029, kami ingin menciptakan baseline yang kuat, dengan mempertinggi produktifitas pada semua bidang/sektor dalam menopang percepatan dan keberlanjutan pembangun yang telah direncanakan. Merata : Baik Indeks Ketimpangan Regional maupun Indeks Koefisien Gini masuk kategori Sangat Rendah. Berkelanjutan : Kita ingin pembangunan dan pemenuhan kebutuhan hidup dalam jangka panjang, tidak merusak lingkungan dan mengorbankan generasi berikut.

Sedangkan misi pasangan nomor urut 4 ini adalah Mewujudkan pembangunan manusia unggul; Mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan dengan teknologi informasi; Mewujudkan kelembagaan pemerintah dan masyarakat sipil yang fungsional dan peningkatan kapasitas pengelola; Mewujudkan sistem pengendalian keamanan dan kebutuhan masyarakat;
Mewujudkan ketahanan entitas daerah dan kepedulian terhadap bencana; Mewujudkan pemerataan produktifitas perwilayahan; Mewujudkan kecukupan sarana prasarana layanan yang rama untuk semua; dan Mewujudkan pembangunan inklusi yang tepat guna, daya saing dan berkelanjutan.

Bawaslu
Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Selatan Mardiana Rusli mengajak anak muda aktif terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024.

Hal itu disampaikan pada dialog Bawaslu Sulsel dengan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) di Makassar, Jumat (2/8/2024), lalu.

Mardiana menyampaikan, kaum muda adalah penggerak utama dalam setiap proses penyelenggaraan rotasi kepemimpinan. Tak terkecuali pada pilkada, hajatan politik lima tahunan.

"Bercermin pada pemilu lalu banyak sekali anak muda yang terlibat secara aktif dan menjadi kelompok kritis," kata Mardiana.

Madriana mengungkapkan, Pemilu 2024 khususnya di Sulsel berlangsung aman. Salah satu faktornya adalah keterlibatan anak muda, baik sebagai penyelenggara, peserta, maupun pengawas.

“Salah satu yang menyebabkan pemilu kita relatif aman yaitu adanya keterlibatan anak muda, baik sebagai penyelenggara maupun berbasis politik yaitu dengan terlibat sebagai peserta pemilu,” kata Mardiana.

Mardiana mengungkapkan dalam pertemuan ini dia berharap akan setiap pihak mengelaborasi gagasan dan pikiran. Terutama dalam mengawasi jalannya pilkada.
”Kita dalam merumuskan pengawasan partisipatif, apa yang harus dilakukan anak muda dalam mengawasi politik uang, proses kampanye para kandidat dan setiap tahapan pemilihan,” katanya.(mah/idr)

  1. Arsyad Kasmar-Fajar Jabir (AKAR)
    Visi : Membangun Luwu Utara yang mandiri, maju dan berdaya saing.
    Misi : Mewujudkan Pemerintahan Yang Adaptif, Tanggap, Transparan, Partisipatif, Inovatif Dan Berkeadilan Berdasarkan Prinsip Good Governance. Mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal (Led) Dan Diversifikasi Usaha. Meningkatkan Dukungan Untuk UMKM Dan Sektor Pertanian Serta Mengeksplorasi Potensi Ekonomi Baru Dalam Rangka Menciptakan Lapangan Kerja Dan Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Peningkatan Kesejahteraan Sosial Melalui Pemerataan Akses Layanan Umum; Meningkatkan Akses Dan Kualitas Pendidikan, Kesehatan, Dan Layanan Sosial Untuk Semua Lapisan Masyarakat, Dengan Fokus Pada Pengentasan Kemiskinan Dan Peningkatan Kualitas Hidup. Mendorong Peningkatan Infrastruktur Teknologi Dan Digital. Meningkatkan Akses Dan Kualitas Infrastruktur Teknologi Untuk Mempercepat Transformasi Digital Dan Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik; dan Mengoptimalkan Potensi Wisata, Seni Dan Budaya Secara Komprehensif, Terpadu Dan Berkelanjutan Dengan Mengedepankan Prinsip Kelestarian Dan Budaya Untuk Memperkenalkan Secara Luas Kekayaan Kearifan Lokal Yang Ada.
  2. Andi Abdullah Rahim- Jumail Mappile (AMANJI)
    Visi: Terwujudnya Luwu Utara Unggul Terkemuka dan Akseleratif Menuju Masyarakat Maju.
    Misi: Membangun kawasan perdagangan ekonomi perkotaan, normalisasi aliran sungai dan interkoneksitas infrastruktur jalan antara desa berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Peningkatan kualitas Sumber daya Manusia (SDM) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan sarana prasarana kesehatan. Kemudian Peningkatan intensifikasi dan ekstensifikasi Pertanian, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Tata Kelola pasca panen serta memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan. Dan Menghadirkan Lembaga pemerintahan yang tepat ukur dan tepat fungsi serta lingkungan kerja yang kondusif.
  3. Suaib Mansyur-Triyono Kusnan (SMART)
    Visi : Sejahtera, Maju, Adaptif, Respontif, Tangguh.
    Misi : Mewujudkan Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Sehat, Cerdas, produktif dan Berbudaya Memperkuat Pembangunan Ekonomi yang adaptif, Berdaya Saing Berkelanjutan. Mempercepat Pemerataan Pembangunan yang Berkualitas, Inklusif dan Ramah Lingkungan dan Mengembangkan tata kelola Pemerintahan yang Profesional, Respondif dan Kolaboratif.
  4. M Fauzi-Ajie Saputra
    Visi : Luwu Utara Produktif, Merata dan Berkelanjutan, Produktif.
    Misi : Merata : Baik Indeks Ketimpangan Regional maupun Indeks Koefisien Gini masuk kategori Sangat Rendah. Berkelanjutan : Kita ingin pembangunan dan pemenuhan kebutuhan hidup dalam jangka panjang, tidak merusak lingkungan dan mengorbankan generasi berikut.
    Sedangkan misi pasangan nomor urut 4 ini adalah Mewujudkan pembangunan manusia unggul; Mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan dengan teknologi informasi; Mewujudkan kelembagaan pemerintah dan masyarakat sipil yang fungsional dan peningkatan kapasitas pengelola; Mewujudkan sistem pengendalian keamanan dan kebutuhan masyarakat; Mewujudkan ketahanan entitas daerah dan kepedulian terhadap bencana; Mewujudkan pemerataan produktifitas perwilayahan; Mewujudkan kecukupan sarana prasarana layanan yang rama untuk semua; dan Mewujudkan pembangunan inklusi yang tepat guna, daya saing dan berkelanjutan.
  • Bagikan

Exit mobile version