USIMAR Kolaka Benchmarking di UMB Palopo, Prof Nila Beri Kuliah Umum

  • Bagikan

Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, Prof. Dr. Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA menerima kunjungan Rektor Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warahmah (USIMAR) Kolaka, Sulawesi Tenggara, Dr. M. Askari Zakariah bersama rombongan dalam rangka benchmarking di aula, Kampus 2 UMB Palopo, Senin 7 September 2024. Tampak pula Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H Rahim Munir Said, SP, MM (Tengah).--hms umb--

PALOPOPOS CO.ID, PALOPO-- Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, Prof. Dr. Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warahmah (USIMAR) Kolaka, Sulawesi Tenggara saat benchmarking yang dipimpin oleh Rektor Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warahmah (USIMAR) Kolaka, Sulawesi Tenggara, Dr. M. Askari Zakariah, di aula, Kampus 2 UMB Palopo, Senin 7 September 2024.

Rektor UMB Palopo, Prof. Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA bersama Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H Rahim Munir Said, SP, MM menerima langsung kegiatan Benchmarking tersebut di Aula Lantai 6, Kampus UMB Palopo. "Selamat datang kami ucapkan kepada Rektor bersama rombongan dalam kegiatan benchmarking di Universitas Mega Buana Palopo, Insya Allah kami siap untuk sharing demi kemajuan bersama dalam dunia pendidikan,"ucap Rektor menyambut. Diketahui USIMAR Kolaka merupakan Perguruan Tinggi keempat dari Propinsi Sulawesi Tenggara yang melakukan Studi Tiru di Universitas Mega Buana

Rektor USIMAR hadir bersama rombongan pengurus yayasan dan unit pendidikan yang ada di bawah naungan Yayasan Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, serta mahasiswa Program Pascar Sarjana kampus tersebut. Rektor menyampaikan proses pengelolaan UMB Palopo dimulai sejak berdirinya pada 22 Juni 2009 tak lepas dari komitmen bersama Yayasan untuk memajukan dunia pendidikan. Yang dimulai dari sebuah lembaga kursus alu bertransformasi menjadi sekolah tinggi dan saat telah menjadi Universitas. Adanya komitmen yang kuat, Kerja keras, kerja ikhlas dan tentunya konsistensi hadir dalam perjalanan UMB Palopo hingga saat ini. Dengan harapan UMB Palopo eksis dan memberikan dampak terhadap kemajuan dunia pendidikan. Sehingga masyarakat khususnya wilayah sekitar Universitas Mega Buana Palopo bisa kuliah dengan biaya yang terjangkau dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Dalam materinya, Prof Nila, sapaan akrab Rektor UMB Palopo menyampaikan dalam pengelolaan perguruan tinggi yang diterapkannya di UMB Palopo, selain fasilitas perkuliahan diupayakan lengkap, juga senantiasa berupaya untuk menghadirkan faktor pendukung lainnya bagi mahasiswa dalam praktik dan serapan alumni dalam dunia kerja. Ia mencontohkan, seperti hadirnya Rumah Sakit Mega Buana Palopo dan sejumlah perguruan tinggi yang berada di bawah bendera Yayasan pendidikan Mega Buana Palopo diharapkan mampu menyerap alumni yang berprestasi dan siap kerja, termasuk di Universitas Mega Buana Palopo tersebut dimana 60 persen dari jumlah pegawai merupakan alumni.

Disamping itu pihaknya juga membangun sejumlah kolaborasi dengan sejumlah lembaga, salah satunya yakni dengan BP2MI untuk memfasilitasi lulusan bekerja di luar negeri, dan alhasil, 92 persen lulusan pada Wisuda periode 2 dan 3 Angkatan XV telah bekerja disejumlah tempat baik sebagai ASN, Pekerja Swasta dan Wirausaha dan 8 persen diantaranya menunggu persiapan bekerja di luar negeri. Selain itu berkolaborasi dengan sejumlah institusi pendidikan dalam upaya pengembangan pendidikan tinggi, ia mencontohkan salah satunya Fakultas Kedokteran UMB Palopo yang saat ini berada dibawah binaan Universitas Hasanuddin.

Dalam proses pengelolaan Pendidikan Tinggi, Prof Nila, sapaan akrab Rektor UMB Palopo, juga menekankan bahwa pelaksanaan tata kelola perguruan tinggi harus berada dalam bingkai aturan penyelenggaraan pendidikan tinggi sehingga pelaksanaannya senantiasa berada dalam koridor yang ada.

Usai kuliah umum tersebut, Rektor USIMAR Kolaka, Dr. M. Askari Zakariah, bersama mahsasiwa program pasca sarjana dan sejumlah rombongan melihat sejumlah fasilitas yang ada di UMB Palopo. Rektor USIMAR Kolaka, Dr. M. Askari Zakariah saat bincang-bincang di media center usai mengunjungu sejumlah tempat menyampaikan terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan sehingga bisa melakukan benchmarking di kampus ini. Menurut Dr. M. Askari Zakariah, UMB Palopo ini progresivitasnya sangat baik, bahkan pihaknya bakal meniru upaya yang dilakukan UMB Palopo di USIMAR dalam upaya membangun tata kelola perguruan tinggi mereka. "Kesan saya di UMB Palopo ini adalah salah satu Universitas yang berkualitas, dan bermutu. Insya Allah, kami siap mengikuti atau meniru langkah langkah yang dilakukan UMB Palopo, saya melihat jelas manajamen dan manajerial yang dilakukan civitas akademik, karena itu kami sangat mengapresiasi,"ucapnya.

Selain melakukan benchmarking, Rektor USIMAR Kolaka juga melakukan penandatanganan Kerjasama dengan Rektor Universitas Mega Buana Palopo terkait Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Pada kegiatan ini turut hadir Wakil Rektor I, Indra Amanah, S.KM, MPH serta Wakil Rektor III, Suwandi N, S.KM, MPH dan sejumlah civitas akademika UMB palopo serta sejumlah pimpinan USIMAR Kolaka, Mahasiswa Pasca Program Pasca Sarjana dan sejumlah pengelola dari USIMAR .(*/Uce))

  • Bagikan