HINDARI POTENSI BANJIR, PUPR PALOPO LAKUKAN NORMALISASI DI SEJUMLAH SUNGAI

  • Bagikan

PALOPO --- Untuk meningkatkan kapasitas sungai agar mampu mengalirkan dan menampung air hujan dengan baik sehingga mengurangi resiko banjir terutama di musim hujan, Dinas PUPR Palopo melakukan normalisasi dan pembangunan talud di sejumlah ruas sungai yg melintasi permukiman warga.
Ditemui di lokasi kegiatan, Adnan Abdullah selaku PPK Kegiatan Normalisasi yg juga Plh.Kabid PSDA PUPR menjelaskan bahwa di tahun anggaran 2024 pihaknya sedang melaksanakan kegiatan normalisasi dan pembangunan talud yg terbagi dalam 7 Paket. Adapun uraiannya meliputi, Paket 1 sungai songka Kec. Wara selatan, Paket 2 sungai Mawa dan sungai Ratona Kec.
Sendana dan Wara Selatan, Paket 3 sungai amassangan, binturu,ponjalae kec Wara Selatan, Wara dan Wara Timur, Paket 4 sungai boting, salobulo,andoli kec. Wara, Wara Utara, Paket 5 sungai salusikapa,salupikung,prumnas kec. Bara, Paket 6 sungai kalang- kalang, homebase,belakang lapas kec Bara dan Telluwanua, Paket 7 sungai battang dan salubattang kec Wara Barat dan Telluwanua dan normalisasi sungai dalam kota sisi muara salubattang dan sisi muara amassangan.
" Kegiatan normalisasi dan pembangunan talud di sejumlah sungai tersebut sekarang sedang berlangsung dan dilakukan dan ditargetkan rampung pada November 2024",kata Adnan.
Sementara itu Harumin selaku Lurah Rampoang yg juga turut memantau kegiatan normalisasi dan pembangunan talud menyampaikan rasa terimakasih atas terlaksananya kegiatan tersebut di wilayahnya. " Beberapa bulan yang lalu lokasi Salupikung ini memang pernah ditinjau oleh bapak Pj.Walikota dan Kadis PUPR Palopo",kata Harumin. " Alhamdulillah kegiatan normalisasi dan pembangunan talud di kelurahan Rampoang sekarang terealisasi dan bahkan tersebar di tiga titik yg rawan abrasi di kelurahan Rampoang".jelas Harumin yang didampingi Sudirman Marlis selaku Ketua RT.
Dihubungi secara terpisah, Kadis PUPR Palopo menjelaskan bahwa sudah menjadi tanggungjawab pemerintah melalui Dinas PUPR untuk senantiasa menjaga ketenntraman dan kenyamanan masyarakat yang ada di wilayah kerjanya dan tentu disesuaikan dengan kemampuan daya yang tersedia. " Terimaksasih kepada seluruh masyarakat yang turut berperan dan juga mengawasi pelaksanaan kegiatan normalisasi dan pembangunan talud di wilayah masing-masing. Semoga saja kegiatan tersebut dapat rampung dengan baik sesuai waktu yang telah ditentukan sehingga membawa manfaat bagi masyarakat,kata Harianto.(rls)

  • Bagikan

Exit mobile version