Timnas Indonesia Vs China Nanti Malam: Shin Tae-Yong Wanti-wanti Pemain Jangan Lengah

  • Bagikan
Pemain timnas siap menghadapi China nanti malam,Selasa, 15 Oktober 2024 mulai pukul 20.00 Wita. --pssi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, CHINA-- Laga Timnas Indonesia Vs China diprediksi akan berlangsung seru, dalam lanjutan matchday keempat babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dua tim penghuni dasar klasemen, Timnas Indonesia Vs China akan saling berhadapan di Stadion Qingdao dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa, 15 Oktober 2024 nanti malam mulai pukul 20.00 Wita.

Tuan rumah China berada di dasar klasemen dengan tiga kekalahan dari tiga pertandingan, sementara Timnas Indonesia berada diposisi kelima dengan tiga hasil imbang dari tiga pertandingan.

China lolos dengan selisih tipis ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA AFC, setelah mereka finis di posisi kedua grup putaran kedua dengan sembilan poin, sama dengan Thailand tetapi lolos karena rekor head-to-head yang lebih baik, setelah memenangkan satu pertandingan dan seri di pertandingan lainnya.

Akan tetapi, setelah melaju ke putaran ketiga, China dengan cepat tersungkur saat mereka menderita kekalahan memalukan 7-0 dari Jepang dalam pertandingan pembukaan Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Duia 2026..

Tim Branko Ivankovic sejak itu mencatat kekalahan 2-1 atas Arab Saudi dan kekalahan 3-1 atas Australia, menempatkan mereka di dasar klasemen Grup C tanpa satu poin pun.

Pertandingan hari Selasa besok melawan Timnas Indonesia dapat memberi China kesempatan sempurna untuk meraih poin pertama mereka, dengan tim tamu mereka duduk satu peringkat di atas mereka di tabel grup.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong berharap wasit yang menjadi pengadil dalam pertandingan timnas Indonesia melawan China bertugas dengan baik. Fair. Tidak memihak.
Selain itu, pelatih yang kini berumur 53 tahun tersebut meminta para pemainnya untuk terus fokus. Jangan sekali pun hilang fokus sampai peluit panjang ditiup.

Shin Tae Yong berharap pertandingan melawan Tiongkok dapat ditutup dengan kemenangan untuk Indonesia. Sebab, Tiongkok adalah tim yang diproyeksikan untuk berakhir dengan poin sempurna. Di atas kertas, peluang Indonesia untuk menang terbuka.

Tiongkok adalah tim yang sampai pertandingan ketiga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sama sekali belum pernah menang. Mereka selalu kalah. Saat ini Tiongkok terbenam di dasar klasemen sementara grup C.

Meski lebih diunggulkan, Shin Tae-Yong meminta para pemainnya untuk tidak memandang Tiongkok dengan sebelah mata.

’’Meski Tiongkok tidak menang dalam tiga laga terakhir mereka, bagi Indonesia, tidak ada lawan yang bisa diremehkan. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik. Dan, berusaha memberikan permainan yang bagus,’’ tegas pelatih timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 Rusia tersebut.

Shin Tae Yong sudah menganalisis permainan Tiongkok. Menurut dia, Tiongkok adalah tim yang memiliki desain pertahanan cukup baik. ’’Saat melawan banyak tim Asia yang lebih kuat, mereka sering menggunakan strategi bertahan rendah. Dan, mereka berhasil menunjukkan performa yang cukup baik,’’ terangnya.

Kiper timnas Indonesia Maarten Paes menyatakan bahwa pantang bagi tim Merah Putih terpeleset di Qingdao. Menurut dia, timnas Indonesia sedang memiliki spirit yang bagus karena belum terkalahkan dalam tiga pertandingan beruntun. Sebelum bermain imbang melawan Bahrain, Indonesia juga tidak kalah saat bertemu Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).

’’Kami tidak terkalahkan sejauh ini karena memiliki pertahanan yang baik. Ini merupakan elemen penting bagi tim yang sukses. Jadi, kami beruntung memiliki kekuatan pertahanan yang solid,’’ tegas penjaga gawang FC Dallas tersebut.

Shin Tae-yong akan berharap Timnas Indonesia dapat melanjutkan catatan tak terkalahkannya di grup melawan tim yang belum mencatat satu poin pun nanti malam.

Hal akan tercapai dengan tujuan untuk mendekati dua posisi teratas dalam upaya mendapatkan tempat langsung di Piala Dunia 2026.

Sementara itu, Branko Ivankovic, pelatih timnas Tiongkok, memberikan pujian kepada skuad asuhan Shin Tae Yong. Menurut dia, timnas Indonesia adalah tim yang kuat. Punya kedalaman skuad yang bagus.

’’Kami tahu mereka punya banyak pemain yang bermain di Liga Belanda dan Belgia. Jadi, kami harus agresif dan berambisi untuk mendapatkan hasil yang kami inginkan. Sekarang tampaknya kami sudah sangat dekat untuk mendapatkan poin. Kami akan terus bekerja keras,’’ ujarnya.

Ivankovic menyadari bahwa timnya selalu kalah dalam tiga pertandingan beruntun. Tapi, dia masih percaya diri timnas Tiongkok masih bisa bersaing menuju tiket ke ronde keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

’’Dalam tujuh pertandingan berikutnya, tujuan kami adalah berada di posisi empat besar. Lolos ke babak berikutnya dan mempertahankan harapan untuk masuk ke Piala Dunia 2026,’’ tandasnya. (jp/dis/pp/uce)

Prediksi Line Up China Vs Timnas Indonesia

China (4-4-2)

Wang Dalei, Hu Hetao, Tyias Browning, Jiang Shenglong, Liu Yang, Xie Wenneng, Wang Shangyuan, Li Yuanyi, Wang Shangyuan, Wei Shihao, Zhang Yuning

Timnas Indonesia (4-4-2)

Maarten Paes, Sandy Walsh, Mess Hilgers, Jay Idzes, Calvin Verdonk, Malik Risaldi, Ivar Jenner, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Dimas Drajad

5 Hasil Terakhir China Vs Timnas Indonesia

China 1-0 Indonesia, Kualifikasi Piala Asia AFC (November 2013)
Indonesia 1-1 China, Kualifikasi Piala Asia AFC (Oktober 2013)
China 5-0 Indonesia, Kualifikasi Piala Asia AFC (Juli 2004)
Indonesia 0-2 China, Kualifikasi Piala Dunia FIFA (Mei 2001)
China 5-1 Indonesia, Kualifikasi Piala Dunia FIFA (Mei 2001). ***)

  • Bagikan