Ops Zebra 2024, Edukasi dan Patroli Satlantas Polres Tana Toraja di Plaza Kolam Makale

  • Bagikan

Personel Satlantas Polres Tana Toraja Sosialisasi Ops Zebra Pallawa 2024 edukasi masyarakat di seputaran Plaza Kolam Makale, Kecamatan Makale, Rabu (16/10/2024). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Kepolisian Resor (Polres) Tana Toraja melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) melaksanakan sosialisasi di masa Operasi Zebra tahun 2024 berlangsung.

Sosialisasi sebagai bentuk memberikan edukasi sekaligus imbauan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dengan tema ‘Polantas Presisi Hadir Menuju Indonesia Maju’.

Personel Satlantas Polres Tana Toraja melaksanakan giat di seputaran Plaza Kolam Makale, Kecamatan Makale.

Sasaran yakni para pengendara roda dua maupun roda empat yang bertujuan agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas.

“Selama Ops Patuh 2024, kami lebih mengutamakan tindakan preventif dan giat sosialisasi atau edukasi serta imbauan sebelum penindakan,” ucap Kasat Lantas, AKP Awaluddin, Rabu (16/10/2024).

Adapun giat dilakukan meliputi pembagian brosur/pamflet edukasi, teguran langsung bagi pengendara, sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan Operasi Zebra yang digelar sejak tanggal 14 sampai 27 Oktober 2024.

Adapun delapan sasaran prioritas diantaranya pengemudi atau pengendara Ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara dan pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi atau pengendara Ranmor yang masih di bawah umur.

Selanjutnya pengendara Ranmor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara yang tidak menggunakan helm standar dan knalpot tidak sesuai spektek, pengemudi atau pengendara Ranmor dalam pengaruh atau mengkomsumsi minuman beralkohol.

Pengemudi atau pengendara Ranmor yang melawan arus (contra flow), kendraaan yang over dimensi/over loading (OD/OL) dan TNKB yang tidak sesuai spektek (plat gantung) dan pengemudi atau pengendara Ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Lanjut Awaluddin mengatakan, adanya sosialisasi dan imbauan diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

“Keselamatan di jalan raya tanggung jawab kita bersama, dengan mematuhi peraturan lalu lintas, kita menciptakan lingkungan lalu lintas yang tertib dan aman untuk kita semua,” tuturnya.

Awaluddin juga berharap dari giat tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas sehingga angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan dan keselamatan pengguna jalan dapat terjamin.

“Mari bersama-sama wujudkan Indonesia Emas melalui tertib berlalu lintas,” kuncinya. (Risna)

  • Bagikan

Exit mobile version