Rombongan Tim Verifikasi Anugerah Kebudayaan Indonesia Disambut Tarian Mangaru, Pj Wali Kota: Mudah-mudahan Palopo Dapat Raih AKI

  • Bagikan

Suasana saat Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP., S.H., M.Si, menyambut kedatangan rombongan tim verifikasi lapangan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) tahun 2024 di Kota Palopo juga disambut dengan Tarian Mangaru di Rujab Wali Kota Palopo SaokotaE, Kamis (17/10/2024). --hms--

PALOPOPOS CO.ID, PALOPO-- Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP., S.H., M.Si, menyambut kedatangan rombongan tim verifikasi lapangan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) tahun 2024 di Kota Palopo.

Rombongan Tim verifikasi lapangan yang dipimpin, Prof. DR. Mukhlis Paeni ini, disambut dengan Tarian Mangaru di Rujab Wali Kota Palopo SaokotaE, Kamis (17/10/2024).

Prof. Mukhlis Paeni mengatakan, Kota palopo merupakan salah satu kota yang masuk nominasi peraih AKI, untuk itu ada beberapa tahap yang telah dilalui dan ini merupakan tahap verifikasi lapangan.

“Tim verifikasi lapangan ini akan mengunjungi beberapa titik yang berkaitan dengan kebudayaan di kota palopo. Di hari pertama melakukan kunjungan ke tempat kerajinan kain roto dan diskusi dengan perajin kain roto,” kata Prof. Mukhlis.

Di hari kedua, kata Prof. Mukhlis, akan diadakan pemaparan mengenai kebudayaan Indonesia yang ada di Kota Palopo.

“Kemudian akan ke cagar budaya Lokkoe dan akan salat Jumat di Masjid Jami Tua yang sekaligus mengunjungi cagar budaya Masjid Jami. Lalu ke Istana Datu Luwu dan akan disambut dengan prosesi adat,” katanya.

Jadwal di hari ketiga, lanjut Prof. Mukhlis, rombongan tim verifikasi lapangan akan mengunjungi komunitas seni yang ada di Kota Palopo.

“Di mana ada tiga komunitas seni yang akan dikunjungi yaitu komunitas sanggar seni Cenning Ati kemudian komunitas pelestari Badik Kuwu dan komunitas Tari Pajjaga Lili,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza, DP., S.H., M.Si menyambut baik kedatangan tim verifikasi AKI tahun 2024 di Kota Palopo.

“Harapannya, dengan adanya tim verifikasi AKI ini, Kota Palopo dapat meraih AKI 2024. Apalagi kita adalah satu-satunya daerah di Indonesia Tengah dan di Indonesia Timur, yang masuk nominasi peraih penghargaan tersebut,” kata Firmanza DP.

Dalam kunjungannya tim verifikasi lapangan tersebut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palopo, Magfirani Nassa, S. STP., M.Si dan Kepala Bappeda Kota Palopo, Asmuradi Budi, ST., M.Env.Man. (*/rls/Ami)

  • Bagikan

Exit mobile version