Unismuh Makassar Tampil Bersama 118 Perguruan Tinggi di PIMNAS ke-37 UNAIR Surabaya

  • Bagikan

SURABAYA --- Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 diikuti 118 perguruan tinggi dengan 43 ribu lebih proposal yang masuk dari kampus negeri dan swasta yang mengajukan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)

Utusan dari 118 perguruan tinggi dengan 525 mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian dari jumlah itu ada 1 tim dari Unismuh Makassar yakni Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM PM).

Para mahasiswa itu Lukman dari Prodi Ilmu Komunikasi, dengan anggota Rezki Astuti, Fatimah Milda Nurul Insan, Andi Asmira (semuanya dari Ilmu Komunikasi), dan Sufirman (Akuntansi). Dosen pendamping tim adalah Dr. Muhammad Yahya, M.Si.

Tim ini berkompetisi dengan judul PKM PM, “Penguatan Potensi Seni Desainer Siswa Tunarungu Tingkat Sekolah Menengah Atas di SLB Negeri 1 Makassar melalui Pendekatan Head, Heart, Hand,” bertujuan melatih siswa tunarungu dalam keterampilan desain dan menjahit.

Acara pembukaan PIMNAS ke-37 berlangsung di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus MERR-C UNAIR Surabaya.

PIMNAS ke-37 ini dibuka oleh Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat Kemendikbudristek, Prof Dr.H.Muhammad Adlin Sila, MA. Ph.D.

PIMNAS ini, turut hadir juga Plt Wakil Rektor III dan Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr H Mawardi Pewangi, M.Pdi.

Sekretaris LPKA Unismuh Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), Dr. Dian Pramana Putra S. Pd,. M.Pd, Ketua Devisi Pengembangan Kreatifitas dan Prestasi Mahasiswa LPKA, Wahyuddin S. Pd,. M.Ed.

Rektor UNAIR Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak saat memberi sambutan pada pembukaan PIMNAS menyambut hangat kedatangan seluruh peserta PIMNAS ke-37. Dia menegaskan UNAIR sangat bangga bisa menyambut kedatangan putra-putri terbaik dari seluruh penjuru Indonesia.

“Kami bersyukur dan sangat bangga bisa melayani talenta-talenta terbaik Indonesia. Kami juga sangat senang bisa membantu dan mensupport talenta-talenta muda ini untuk berkembang dan terus mengasah prestasinya,” ucap Guru Besar FEB UNAIR.

Prof Nasih tegaskan mahasiswa akan berperan penting pada ketercapaian Indonesia emas 2045 mendatang. Oleh karena itu, mahasiswa harus menjadi momen PIMNAS ini sebagai ajang mengasah potensi agar dapat menjadi pemimpin hebat di masa depan.

Plt Wakil Rektor III dan Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr H Mawardi Pewangi, M.Pdi, kepada media di lokasi PIMNAS menegaskan kalau kehadirannya di tengah suasana PIMNAS memberi semangat kepada tim Unismuh Makassar agar terus percaya diri tampil membawakan presentasi materi di depan dewan juri dan diharap dapat membawa medali emas.

Tahun mendatang kepesertaan Unismuh Makassar akan terus ditingkatkan jumlahnya pada PIMNAS selanjutnya. Salah satu kebijakan yang akan ditempuh kampus dengan melakukan kompetisi antar prodi untuk menjaring mahasiswa yang dapat jadi peserta berkompetisi dalam PIMNAS.

Akan dibicarakan pada tingkat pimpinan Unismuh untuk mengkonversi nilai para mahasiswa yang ikut dalam lomba lomba dan mengukir prestasi pada skala nasional dan internasional.

Ditambahkan juga para mahasiswa yang berprestasi itu penulisan skripsi dikonversi dari prestasi yang telah dicapai.

PIMNAS ke-37 ini akan berlangsung mulai 14-19 Oktober 2024 di kampus UNAIR Surabaya. ***

  • Bagikan