Jumat Hari Ini, Rektor IAIN Palopo Jadi Khatib di Masjid Istiqlal Jakarta

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Jika tidak ada aral melintang, Ulama Palopo yang juga Rektor Institut Agama Islam (IAIN), Dr Abbas Langaji, M.Ag bertindak sebagai khatib Shalat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat Ini 18 Oktober 2024.
Hal tersebut sesuai dengan Surat Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Nomor 551/BPMI/X2024, 9 Oktober 2024 lalu. Ditandatangani langsung Imam Besar Masjid Istiqlal selaku Ketua Harian BPMI, Prof Dr KH Nasaruddin Umar, MA tentang permohonan kesediaan menjadi khatib di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat ini 18 Oktober 2024.

Informasi ini dengan cepat beredar di berbagai grup IAIN serta IKA STAIN/IAIN Palopo. Informasi inj pula didapatkan dari bidang penyelenggaraan peribadatan Badan Pengelola Masjid Istiqlal, berupa flyer yang dikirim melalui platform media sosial.
Nantinya salah satu putra terbaik Tana Luwu ini akan menyampaikan khutbah bertema "Urgensi Sertifikasi Halal dalam Membangun Ekonomi Keummatan” di hadapan ribuan jemaah Masjid Istiqlal Jakarta.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji yang juga alumni STAIN/IAIN Palopo tahun 1998, saat dikonfirmasi Palopo Pos, Kamis 17 Oktober 2024 kemarin membenarkan bahwa, pihaknya diberi amanah sebagai khatib Jumat pekan ini. Ia bersyukur diberi diberi kesempatan untuk menjadi khatib di masjid negara tersebut. Baginya, undangan tersebut merupakan kehormatan bagi almamaternya.
“Ketika baru menerima pemberitahuan via tlp, saya seperti kaget dan setengah percaya, antara percaya dan tidak, kenapa tiba-tiba dirinya memperoleh kesempatan emas tersebut, " ujar Ketua IKA STAIN/IAIN Palopo ini.

Dikatakannya, setelah menerima informasi berupa surat/undangan tertulis baru benar-benar yaqin dan merasa memperoleh kesempatan istimewa. Karena tidak semua cendekiwan muslim memperoleh kesempatan menjadi khatib di masjid kebanggaan negara tersebut. Momen ini akan dimanfaatkan dengan baik untuk membuktikan bahwa alumni IAIN Palopo dan wija to Luwu pun berkesempatan untuk menunjukkan kemampuannya.

Terkait undangan kepada Rektor IAIN Palopo sebagai khatib Jumat, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), H Farid F Saenong, Ph.D menjelaskan bahwa BPMI memberi kesempatan kepada ulama dan cendekiawan muslim untuk menjadi khatib atau narasumber pada acara-acara keagamaan di Masjid Istiqlal, termasuk sebagai khatib Jumat.
Untuk memperoleh kesempatan emas tersebut, ditetapkan standar dan kualifikasi yang tinggi dengan metode seleksi yang ketat.

Berdasarkan profiling yang diperoleh dari berbagai sumber, dalam kapasitasnya sebagai doktor di bidang studi Islam dan menjabat sebagai rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.
"Pak Kyai Abbas Langaji dipandang memenuhi syarat dan kriteria untuk menunjukkan kemampuannya menyampaikan pesan-pesan keagamaan melalui khutbah Jumat di Istiqlal," tandasnya.

Untuk diketahui, khutbah shalat Jumat Masjid Istiqlal Jakarta, 18 Oktober 2024 hari ini dapat diakses pada pukul 11.41 WIB atau 12.41 Wita. Secara live melalui siaran TVRI, Ajwa TV, RRI Pro 1 FM Jakarta, 91,2 MHz serta chanel Youtube: MasjidIstiqlalTV.(hms/idr)

  • Bagikan