Luwu Timur Lebih Maju, Inklusif, dan Berkelanjutan

  • Bagikan
  • Visi Misi No. 2 Budiman-Akbar Andi Leluasa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Di Pilkada Luwu Timur, pasangan Budiman-Mochammad Akbar Andi Leluasa (Budiman-Akbar) menjadi salah satu yang berpeluang kembali melanjutkan program untuk 5 tahun ke depan. Hal itu tercermin pada visi misi dan program unggulan yang dikampanyekan, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Luwu Timur lewat pemberian beasiswa dan pembukaan kampus.

Selain itu, program di atas yakni, beasiswa untuk mahasiswa, terbukanya lapangan kerja, juga Budiman-Akbar akan memberikan pelatihan untuk kaum agar bisa memperluas kesempatan kerja.

Juru bicara Budiman-Akbar, Citra Febrianti mengatakan Budiman-Akbar berkomitmen untuk melanjutkan program beasiswa, memperluas kesempatan kerja bagi milenial.
Tidak hanya itu, pasangan nomor urut dua itu juga akan memberikan akses teknologi yang baik, untuk menunjang para milenial dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki.

“Budiman-Akbar juga akan memberikan akses teknologi yang lebih baik, serta mengembangkan keterampilan kaum muda, terutama dalam menghadapi tantangan era digital,” ungkapnya.

Budiman-Akbar kata Citra, juga akan menghadirkan fasilitas perguruan tinggi dan vokasi di Kabupaten Luwu Timur, untuk menunjang kebutuhan pendidikan untuk kaum milenial.

“Budiman-Akbar juga akan memfasilitasi berdirinya perguruan tinggi politeknik dan vokasi di Luwu Timur, ini sebagai wujud komitmen mereka untuk mengakomodasi kepentingan pendidikan generasi muda,” jelasnya.

Ia merasa bahwa paslon Budiman-Akbar sangat memahami apa yang dibutuhkan oleh milenial dan Gen Z saat ini. “Penyediaan lapangan kerja, pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital, serta internet publik adalah dambaan kami semua,” ujarnya.

Hal senada dikatakan remaja putri, Sherira Sahir. Dia menyebut, kehadiran politeknik dan vokasi di Kabupaten Luwu Timur ini akan memperluas akses pendidikan untuk kaum muda di Bumi Batara Guru.

“Ini adalah harapan besar kami dan juga orang tua kami, agar adik-adik kami nanti memiliki akses pendidikan yang lebih baik,” katanya.

Selain program di atas, Budiman-Akbar juga yang bervisi “Lebih Maju, Inklusif dan Berkelanjutan” yang dijabarkan lagi, LEBIH MAJU : Adalah gambaran tentang Luwu Timur pada 2029 dimana masyarakat hidup dalam keadaaan sejahtera dengan tingkat pendapatan perkapita yang setara atau lebih tinggi dari rata-rata provinsi dan nasional.

Hidup sejahtera ini terkondisikan seiring dengan aktivitas perekonomian yang makin produktif pada berbagai sektor. Lebih maju juga berarti bahwa kualitas SDM akan lebih tinggi dimana derajat kesehatan semakin tinggi dan merata serta pendidikan semakin berkualitasdan merata.

INKLUSIF, adalah kondisi dimana kemajuan yang dicapai melibatkan dan memberi manfaat kepada seluruh warga tanpa ada kelompok yang tertinggal, baik dalam hal suku, etnis, agama, umur, gender, lapisan sosial, dan ruang/wilayah termasuk keberpihakan kepada penyandang disabilitas dan warga lanjut usia. Makna umum dari pokok visi inklusif ini adalah perwujudan sosial dan perekonomian yang inklusif.

BERKELANJUTAN, adalah kondisi dimana kelestarian lingkungan hidup terus terpelihara di balik keseimbangan perubahan ekonomi, sosial dan ekologi yang didorong secara terencana. Pokok visi ini ingin memastikan bahwa dibalik perkembangan industri ekstraktif pertambangan, modernisasi pertanian, dan perkembangan UMKM, keanekaragaman hayati dan kualitas lingkungan pada ekosistem hutan, ekosistem danau, ekosistem perkotaan, dan ekosistem perdesaan tetap terpelihara.

Berkelanjutan juga bermakna sebagai kondisi dimana tata kelola berintegritas dan adaptif terwujudnya melalui penyelenggaraan pemerintahan yang semakin baik dan berkelanjutan diiringi dengan partisipasi masyarakat sipil yang semakin substantif dalam pembangunan.

Lalu Budiman-Akbar juga ajukan meningkatnya pendapatan masyarakat; berkurangnya kemiskinan dan ketimpangan pendapatan; meningkatnya daya saing dan kerjasama daerah; meningkatnya kualitas SDM; berkurangnya emisi gas rumah kaca. (idr)

VISI : LUWU TIMUR LEBIH MAJU, INKLUSIF DAN BERKELANJUTAN

MISI

  1. Menguatkan Fondasi Transformasi Sosial

Misi ini mencakup upaya umum dalam memperkuat pelayanan dasar terutama untuk kesehatan dan pendidikan diikuti dengan penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan pendapatan dan penghapusan kantong kemiskinan serta perlindungan sosial bagi
kelompok rentan.

  1. Menguatkan Fondasi Transformasi Ekonomi

Misi ini mencakup upaya umum dalam memperkuat basis peningkatan produktivitas perekonomian daerah melalui penerapan iptekin, prinsip-prinsip ekonomi hijau dan digitalisasi pada usaha pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata, ekonomi
kreatif dan UMKM.

  1. Menguatkan Fondasi Transformasi Tatakelola

Misi ini mencakup upaya umum dalam mewujudkan birokrasi dan ASN pemerintahan yang berintegritas, adaptif dan responsive dalam mendorong pelayanan public yang mematuhi standar, perwujudan SPBE, akuntabilitas kinerja dan partisipasi masyarakat sipil yang
substantif.

  1. Meningkatan Ketahanan Sosial Budaya dan Ekologi
    Misi ini mencakup upaya umum dalam meningkatkan kualitas keluarga sebagai basis ketahanan sosial, mewujudkan masyarakat yang inklusif, memajukan kebudayaan daerah, memperkuat ketahanan dalam menghadapi bencana dan dampak perubahan iklim, serta
    menekan emisi gas rumah kaca pada berbagai bidang aktivitas.
  2. Memelihara Ketertiban Umum dan Stabilitas Ekonomi Makro

Misi ini mencakup upaya umum dalam memelihara keamanan daerah yang tangguh, ketenteraman dan kedamaian dalam masyarakat, serta mengendalikan inflasi dalam memelihara stabilitas ekonomi makro daerah.

  1. Mendorong Pemerataan Pembangunan
    Misi ini mencakup upaya umum dalam menyeimbangkan capaian pembangunan antar wilayah dalam daerah terutama melalui pembangunan ekonomi kawasan berbasis potensi unggulan dan pembangunan desa sebagai pusat-pusat pertumbuhan.
  2. Meningkatkan Kualitas Sarana dan Prasarana
    Misi ini mencakup upaya umum dalam memenuhi kebutuhan sarana prasarana pelayanan dasar untuk kesehatan, pendidikan, air minum, dan sanitasi serta sarana prasarana pembangunan wilayah untuk transportasi dan perhubungan, irigasi, jalan tani dan jalan
    lingkungan.
  3. Menjaga Kesinambungan Pembangunan yang Inovatif dan Berdaya Saing
    Misi ini mencakup upaya umum dalam memastikan berfungsinya output-output pembangunan sebagai outcome yang memberi manfaat sebesarnya melaluiperbaikan kualitas perencanaan dan penganggaran serta upaya-upayapenguatan kapasitas fiskal daerah secara inovatif.
  • Bagikan