Tebar Janji, Tuai Elektabilitas

  • Bagikan

Oleh Dr. Syahiruddin Syah
Pengamat Politik dan
Kebijakan Publik Unanda.

Pesta demokrasi lima tahunan di Kota Palopo kini makin menghangat. Para pasangan calon wali kota/wakil wali kota Palopo pun terus 'menebar pesona'. Tentunya lewat janji-janji politiknya.

Para Paslon kini menebar program-program unggulannya. Tentunya, dengan harapan Elektabilitasnya makin melonjak.

Saat ini, elektabilitas pasangan Rahmat Masri Bandaso (RMB) dan Andi Tenri Karta semakin melonjak tinggi dibanding pasangan calon lainnya.

Hal ini, pengamat melihat dari sudut pandang kualitas penyampaian janji-janji kampanyenya. Mereka menawarkan programnya dan mampu mengakomodir semua kepentingan Masyarakat Kota Palopo.

Di sisi lain, mereka sangat sopan dan santun dalam penyampaian programnya serta bahasa yang sederhana dan mampu disimak para pendengar (pengunjung ) yang datang. Juga yang menjadi penilaian adalah tertibnya menempatkan APK , spanduk, dan baliho di jalan,. Tentunya juga karena para timnya yang cerdas melihat situasi dan kondisi masyarakat ota Palopo, sehingga kefiguran popularitas seorang RMB dan Andi Tenri Karta semakin melonjak.

Sementara menyusul Putri Dakka - Haidir Basir. Dengan kefigurannya seorang tokoh yang lunak dan bisa diterima semua kalangan terutama tokoh-tokoh masyarakat lainnya baik wilayah perkotaan maupun di wilayah-wilayah pesisir dan pegunungan. Sejalan dengan Putri Dakka seorang figur perempuan yang sangat diminati oleh kaum muda dan para kaum emek-emak. Ini menandakan bahwa mereka berdua saling mengisi kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Mereka berjalan bersama seperti pengantin baru yang saling memberikan dukungan harapan hidupnya berdua dan para timnya pula saling mengisi sebagai penguatan.

Dalam janji-janji kampanye politiknya tidak berlebihan dan dapat diyakini dapat dilaksanakan ketika mereka terpilih sebagai pemimpin Kota Palopo kedepan.

Sementara pasangan Trisal Tahir - Akhmad Syarifuddin elektabilitasnya sedikit menurun akibat isu Ijazah yang masih menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Kota Palopo.
Namun demikian, dalam janji-janji kampanyenya dinilai dan direspon baik oleh para relawan dan simpatisannya. Juga, menjanjikan akan mengakomodir kepentingan-kepentingan masyarakat terutama bagi yang ingin melaut akan dituntun sampai mereka naik kapal.

Dan beberapa rencana programnya terutama memperbaiki perilaku aparatur pemerintah kota Palopo.

Sementara para pemilih pragmatis masih mempercayai mereka untuk tetap semangat dalam mengikuti tahapan pilkada.

Selain itu, Farid Kasim Judas - Nurhaenih masih berusaha mengangkat elektabilitasnya dengan dukungan struktur di tingkat RT dan RW. Juga, masih didukung sebagian dari unsur birokrasi.

Sehingga para pengikutnya masih tetap semangat memberikan dukungan moril untuk bertarung pada pilkada ke depan.
Mereka juga masih solid berjuang bersama figurnya yang selama ini berjuang memenangkan pertarungan mendatang.

Kesemua hal yang pengamat utarakan adalah hasil wawancara bersama para tokoh-tokoh masyarakat, para cendekiawan, dan pengamatan langsung di lapangan.

Semoga pilwalkot ke depan dapat berjalan dengan aman, dan kondusif. Wassalam. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version