Lebih Mudah dan Cepat, Sabariya Puji Layanan BPJS Keliling

  • Bagikan
Pelayanan BPJS Keliling, tepatnya ketika BPJS Keliling berada di Rumah Sakit St. Madyang, Senin (21/10). --IST--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAMKESNEWS – BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu inovasi yang kini semakin dirasakan manfaatnya adalah BPJS Keliling, program ini bertujuan untuk memudahkan peserta JKN yang membutuhkan pelayanan administrasi tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

BPJS Keliling ini juga terus membawa dampak positif, terutama dalam memberikan informasi yang mudah dipahami dan solusi cepat untuk kebutuhan kesehatan masyarakat.

Salah satu peserta JKN yang sangat merasakan manfaat dari layanan BPJS Keliling ini adalah Sabariya, seorang guru honorer yang ditemui Tim Jamkesnews di titik layanan BPJS Keliling, tepatnya ketika BPJS Keliling berada di Rumah Sakit St. Madyang, Senin (21/10).

Ia berbagi pengalaman hidupnya sebagai peserta JKN yang pernah menjalani dua kali operasi tumor. Operasi pertama dilakukan untuk mengangkat tumor di dada, sementara operasi kedua dilakukan di bagian lengan. Kedua operasi tersebut berhasil dan seluruh biayanya ditanggung oleh Program JKN, berkat kepesertaan aktifnya dalam program besutan BPJS Kesehatan ini.

“Saya itu sudah dua kali operasi, operasi yang pertama itu pada tahun 2005. Itu di bagian dada saya ada tumor. Kemudian operasi yang kedua itu, di lengan tangan kanan saya juga pernah ada tumor. Dengan adanya BPJS Kesehatan ini, alhamdulillah terbantu sekali, apalagi yang tidak ada simpanan atau tabungannya,” ungkapnya.

Seluruh layanan yang ia rasakan, yang sebelumnya dirasa rumit dan bingung kini menjadi lebih mudah. Salah satunya melalui layanan BPJS Keliling yang berada di Rumah Sakit St. Madyang. Menurutnya, petugas yang melayani ia pada saat itu sangatlah ramah dan jelas dalam menjelaskan berbagai informasi terkait layanan melalui Program JKN.

“Alhamdulillah sangat ramah pelayanannya, cepat juga mengerti. Semoga apa-apa yang dijelaskan betul-betul tertransfer ilmunya dengan baik dan bisa bermanfaat untuk kita ini masyarakat, terutama yang tidak terlalu paham itu Program JKN,” jelasnya.

Melalui layanan BPJS Keliling, Sabariyah juga dipandu oleh petugas dalam mengunduh dan menjelaskan tata cara penggunaan Aplikasi Mobile JKN, agar dirinya dapat melakukan pengecekan dan perubahan status kepesertaan secara mandiri, cukup dari rumah atau di mana saja melalui ponsel miliknya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan menjelaskan edukasi atau informasi seputar penggunaan Aplikasi Mobile JKN dapat diterima oleh pengunjung di setiap layanan BPJS Keliling. Sehingga diharapkan semakin banyak peserta JKN yang dapat memperoleh informasi tentang kemudahan pelayanan yang dapat diakses cukup melalui ponsel.

“BPJS Kesehatan selalu berupaya memberikan kemudahan bagi peserta JKN untuk dapat mengakses pelayanan administrasi Program JKN, dimana salah satunya yang sampai saat ini masih terus kita lakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan BPJS Keliling ke berbagai lokasi secara terjadwal setiap hari. Dimana selain dapat mengakses pelayanan administrasi, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi seputar Program JKN, menyampaikan pengaduannya, bahkan masyarakat juga bisa mendapatkan edukasi terkait Aplikasi Mobile JKN dan inovasi terbaru BPJS Kesehatan lainnya,” jelas Dahniar.

Kehadiran BPJS Keliling adalah bukti nyata bahwa layanan yang merata dan mudah diakses bisa diwujudkan, bahkan di daerah terpencil sekalipun. Dengan program ini, masyarakat tidak hanya mendapatkan layanan medis, tetapi juga pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana memanfaatkan Program JKN sebagai perlindungan kesehatan keluarga, yang tentunya lebih mudah, lebih dekat, dan lebih cepat. (sy/ra)

  • Bagikan