Buka Acara Evaluasi Pendampingan dan Penguatan RB dan SAKIP, Pj Wali Kota Firmanza: Kegiatan Ini Strategis Untuk Jalankan Pelayanan Masyarakat dengan Maksimal

  • Bagikan

NAMPAK saat Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP. S.H., M.Si., membuka secara resmi Evaluasi Pendampingan Penguatan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) di ruang pertemuan Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Selasa (22/10/2024). --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP. S.H., M.Si., membuka secara resmi Evaluasi Pendampingan Penguatan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP).

Kegiatan yang digelar Bagian Organisasi dan Tata Laksanakan Setda Kota Palopo itu, dilaksanakan di ruang pertemuan Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Selasa (22/10/2024).

Kepala Bagian Organisasi, Setda Kota Palopo, Sainal Sahid, S.IP., dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui sejauh mana perangkat daerah dalam menjalankan program kegiatan dan berkinerja.

“Mulai dari perencanaan sampai hasil atau output capaian kinerja, dalam rangka pencapaian organisasi yang lebih maksimal. Mampu menciptakan organisasi dan birokrasi yang berdaya saing, bersih, dan efektif untuk mendorong pembangunan daerah dan pelayanan publik, khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Palopo serta pembangunan nasional secara umum,” kata Sainal Sahid.

Selain itu, juga untuk menyatukan dan memberi kesamaan persepsi bagi seluruh perangkat daerah, utamanya bagi Pimpinan Perangkat Daerah, terkait arah dan kebijakan Reformasi Birokrasi ke depan.

“Sekaligus memberikan penguatan dan penajaman terkait langkah-langkah strategis dalam mempercepat pencapaian peningkatan indeks RB dan Indeks SAKIP Pemerintah Kota Palopo,” katanya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo, Firmanza DP, dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan itu sangat strategis karena sangat penting dalam rangka menjalankan tugas.

“Juga untuk menjalankan amanah yang telah kita emban, untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Firmanza DP.

Firmanza melanjutkan, dengan adanya roadmap yang jelas dan perencanaan yang valid, InsyaAllah seluruh pelaksanaan kegiatan akan lebih baik lagi.

"Intinya sebenarnya di situ, bagaimana kita menyusun rencana kerja kita dan apa tujuannya, itu harus jelas. Di mana tujuan kita di republik ini salah satunya adalah bagaimana mensejahterakan masyarakat," katanya.

Firmanza juga meminta kepada jajarannya, untuk belajar dan mencermati pidato Presiden RI sewaktu pelantikan.

"Kita lihat di situ apa yang menjadi rencana kerja presiden, kita sesuaikan dengan rencana kerja kita. Terutama 8 program hasil terbaik cepat transformasi bangsa. Saya minta teman-teman semua kita sesuaikan rencana kerjata dengan ini,” jelasnya.

Tak lupa pada kesempatan ini, Firmanza menyampaikan terimakasih kepada narasumber atas pendampingan yang dilakukan.

“Saya yakin dengan ini RB kita akan lebih baik lagi. Mari kita luruskan niat kita sehingga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat Kota Palopo," kuncinya.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Prof. DR. Sangkala, M.Si., Direktur PT. Cipta Birokrasi Adaptif yang juga merupakan pakar dalam masalah pelayanan publik, diikuti peserta yakni pimpinan perangkat daerah dan seluruh Kasubag Perencanaan, Keuangan dan tindaklanjut lingkup Pemkot Palopo. (*/Ami)

  • Bagikan