Pj Wali Kota Buka Expo Kemandirian Pesantren Dalam Rangka Hari Santri 2024

  • Bagikan

Pj. Wali Kota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH.,M.Si., membuka secara resmi kegiatan Expo Kemandirian Pesantren Dalam Rangka Hari Santri 2024 yang digelar di Kampus 1 IAIN Palopo. Selasa, (22/10/2024). --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pj. Wali Kota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH.,M.Si., membuka secara resmi kegiatan Expo Kemandirian Pesantren Dalam Rangka Hari Santri 2024.

Kegiatan Expo kemandirian tersebut digelar di Kampus 1 IAIN Palopo. Selasa, (22/10/2024).

Pembukaan Expo Kemandirian Pesantren Dalam Rangka Hari Santri 2024 ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj. Wali Kota Palopo.

Kepala Biro AUAK IAIN Palopo H. Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd., dalam laporannya mengatakan, rangkaian peringatan Hari Santri ini sudah 10 tahun dilaksanakan.

Rangkaian hari Santri banyak. Mulai dari doa dan dzikir, gerak jalan santri, pameran expo yang dilaksanakan oleh pondok-pondok pesantren, dan beberapa kegiatan lainnya.

Puncak acaranya adalah pelaksanaan apel hari santri yang untuk tingkat Tana Luwu dalam hal ini melingkupi Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Luwu Timur dipusatkan di Pondok Pesantren Datok Sulaiman Putri.

''Expo ini adalah bentuk aplikasi dari para Pondok Pesantren kita untuk mensosialisasikan apa saja yang selama ini menjadi produk pondok pesantren,'' katanya.

''Sangat kita syukuri khususnya kita di Tana Luwu ini termasuk memiliki pondok pesantren yang banyak. Dan, semuanya bisa menunjukkan prestasi dan hasil karyanya masing-masing,'' bebernya.

Hari Santri ini seperti yang disampaikan oleh Menteri Agama dalam pidatonya bahwa tidak terlepas dari kecintaan para santri dan kiyai terhadap negara kesatuan republik indonesia.

Menurutnya, tidak sedikit peran santri dalam mencapai kemerdekaan. Itulah kenapa Hari Santri dicanangkan di tanggal 22 Oktober. Hal ini yang melatarbelakangi lahirnya resolusi jihad yang dicetuskan yang dikomandankan oleh Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari, pada tanggal 22 Oktober 1945. ''Itulah yang menjadi landasan hari santri ini,'' bebernya.

Sehingga, lanjutnya, sangat diharapkan bahwa santri kita senantiasa mempunyai kecintaan yang tidak luntur selalu semangat untuk meningkatkan kualitas diri dan kecintaannya kepada Negara Kesatuan RI.

Sementara itu, dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Palopo mengatakan atas nama Pemerintah Kota Palopo menyampaikan Selamat Hari Santri di tahun 2024 ini kepada seluruh yang merayakannya.

Peringatan Hari Santri ini paling tidak kita menghargai, kita mengenang kembali bagaimana resolusi jihad yang dicetuskan oleh Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari, pada tanggal 22 Oktober 1945 kemudian bisa menghasilkan ataupun mempertahankan Negara RI ini.

''Kita semuanya yang hidup pada saat ini, berterima kasih kepada para ulama, kepada para santri yang dulu dengan darahnya, nyawanya mempertahankan RI,'' katanya.

Oleh karena itu, hari ini kita merefresh kembali ingatan kita dan kemudian bagaimana generasi sekarang ini bisa mempertahankan dan mengisi Kemerdekaan yang sudah diraih dengan luar biasa.

Pemerintah Kota Palopo juga sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sekarang saatnya para santri dan teman-teman semuanya untuk mengisi kemerdekaan ini.

Turut hadir, Forkopimda Kota Palopo, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Palopo, Seluruh jajaran IAIN Kota Palopo serta para tamu undangan lainnya. (*/ami)

  • Bagikan