Buka PAF dan POREPA, PJ Wali Kota: Kegiatan Ini Bisa Kembangkan Potensi Seni dan Ekonomi Kreatif

  • Bagikan

Nampak Pj. Walikota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH.,M.Si., menghadiri sekaligus membuka kegiatan Palopo Art Festival (PAF) dan Pameran Produk Kreatif Palopo (POREPA) Tahun 2024, di Halaman Belakang Kantor Walikota Palopo. Selasa, 22 Oktober 2024. --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pj. Walikota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH.,M.Si., menghadiri sekaligus membuka kegiatan Palopo Art Festival (PAF) dan Pameran Produk Kreatif Palopo (POREPA) Tahun 2024, di Halaman Belakang Kantor Wali Kota Palopo Selasa, 22 Oktober 2024.

Sambutan Kadis Pariwisata Provinsi Sulawesi-Selatan Muh Arafah, yang mewakili Pj Gubernur Sulawesi-selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang yang sangat penting untuk menampilkan kekayaan budaya dan ekonomi kreatif khususnya yang ada di Kota Palopo dan di Sulawewsi selatan pada umumnya, seni buaya adalah identitas kita dan melalui fetival ini kita dapat menunjukkan betapa berharga dan kayanya warisan budaya yang kita miliki Pameran Produk Kreatif Palopo atau disingkat POREPA juga menjadi wadah untuk memerkan prduk-produk kreatif lokal yang berkwalitas, ini tentunya berpotensi besar untuk bersaing di pasar nasional bahkan internasional.

Dirinya menyampaikan apresiasi atas inisiatif Kota Palopo dalam menyelengarakan acara ini melalui Palopo Art Festival (PAF) dan Pameran Produk Kreatif Palopo (POREPA) Tahun 2024, kita tidak hanya menampilkan kekayaan budaya tetapi juga mendukung tumbuhyan industri kreatif yang berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah, industri kreatif sendiri adalah salah satu sektor yang dapat menyerap banyak tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menampilkan produk-produk lokal yang khas, tentunya turut menggerakkan ekonomi yang berbasis kretifitas dan inovasi.

Muh Arafah, yang mewakili Pj Gubernur Sulawesi-selatan juga menyampaikan penghargaan yang sebesar besarnya kepada para seniman pelaku usaha kreatif dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, semangat dan dedikasi dalam memberikan dan melestarikan pengembangan budaya serta produk kreatif sangat berperan penting dalam memperkenalkan potensi daerah khusunya Kota Palopo sampai ke dunia luar, harapnya melalui acara ini kita dapat memperkuat posisi Sulawesi Selatan sebagai pusat kebudayaan dan sebagai pusat kreativitas di Indonesia Timur. Dan, semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Palopo dan mampu menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

"Mari kita sukseskan kegiatan Palopo Art Festival (PAF) dan Pameran Produk Kreatif Palopo (POREPA) Tahun 2024, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan seni budaya dan ekonomi kreatif yang ada di Kota Palopo dan Sulawesi Selatan," ucap Muh Arafah, yang mewakili Pj Gubernur Sulawesi-selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh

Sementara itu, sambutan Pj. Wali Kota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH.,M.Si., mengatakan bahwa kegiatan Palopo Art Festival (PAF) dan Pameran Produk Kreatif Palopo (POREPA) ini bukan sekadar seremonial belaka melainkan sebuah wujud komitmen bersama dalam melestarikan dan mengembangkan potensi seni dan ekonomi kreatif yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Palopo. Seni adalah jiwa sebuah bangsa.

''Dan, melalui seni tidak hanya berbicara tentang keindahan dan estetika tetapi juga tentang identitas jati diri dan warisan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi oleh para leluhur kita,'' katanya.

Lanjutnya menyampaikan bahwa Kota Palopo memiliki kekayaan seni dan budaya yang sangat berharga yang patut terus rawat, dijaga, dan dikembangkan.

Melalui Palopo Art Festival (PAF) dan Pameran Produk Kreatif Palopo (POREPA) ini, bisa membuka ruang bagi para seniman lokal di Sulawesi Selatan untuk menampilkan karya-karyanya,.

''Menginspirasi kita semua dengan kreativitas mereka dan memperlihatkan kepada dunia bahwa Kota Palopo dan Sulawesi Selatan adalah tempat yang kaya akan talenta kreativitas dan inovasi,'' bebernya.

Acara ini akan menjadi platform untuk memperkenalkan karya-karya seni lokal. Tidak tidak hanya di tingkat regional tetapi juga secara nasional bahkan ke internasional.

''Tidak hanya seni yang kita rayakan melainkan juga pameran ekonomi kreatif yang juga menjadi bagian dari kegiatan merupakan manifestasi dari semangat kewirausahaan yang terus tumbuh di kalangan masyarakat Kota Palopo,'' katanya.

Menurutnya, sektor ekonomi kreatif terbukti menjadi motor penggerak perekonomian daerah terutama dalam menciptakan lapangan pekerjaan, mendorong inovasi dan kreatif dalam menciptakan produk-produk unggulan dari sektor kuliner, fashion, kerajinan tangan hingga industri kreatif berbasis digital.

Kesemuanya itu menunjukkan bahwa Kota Palopo memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi pusat ekonomi kreatif yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Pj Wali Kota Palopo berharap para pelaku UMKM dan kreator lokal dapat menjalin kemitraan yang lebih luas mempromosikan produk-produk secara digital dan meraih peluang bisnis yang lebih besar.

Kreativitas dan inovasi adalah kunci untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin kompetitif.

Pada kesempatan itu pula, Pj Wali Kota juga menyampaikan dukungan dan sekaligus launching proyek perubahan yang digagas Dinas Pariwisata Kota Palopo dengan judul "peningkatan daya jual produk kreatif Palopo melalui penyediaan data elektronik serta digitalisasi pemasaran".

''Semoga proyek perubahan ini dapat bermanfaat bagi pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Palopo,'' katanya

Selanjutnya, seruan Pilkada aman dan damai oleh Kapolres Kota Palopo dan
Seruan anti Korupsi Kajari Kota Palopo dan rombongan Pj Wali Kota Palopo mengunjungi booth UMKM dan melihat langsung karya-karya lukisan dan photography oleh pekerja seni yang ada di Kota Palopo.

Turut hadir , Unsur Forkopimda Kota Palopo, Kepala BNN Kota Palopo, Pj sekretaris Daerah Kota Palopo, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Rektor Civitas Akademika, Ketua PHRI, Para direktur BUMN/BUMD, Camat/Lurah Kota Palopo, Para Kepala sokolah, Para Pelaku ekonomi kreatif Kota Palopo, Pekerja seni dan segenap Masyarakat Kota Palopo. (rls/ami)

  • Bagikan

Exit mobile version