Kecolongan di Detik Akhir, Kemenangan PSM di Babak Pertama Melayang Akibat Gol Rashid

  • Bagikan

Yuran Fernandes

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SURABAYA-- Duel sengit antara PSM Makassar dengan Persebaya di babak pertama berjalan sengit. Kedudukan pun 1-1.

Pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (23/10/2024), berlangsung sengit sejak awal.

PSM unggul terlebih dahulu atas Persebaya Surabaya dalam pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2024/2025. Hanya saja, disamakan Rashid di akhir babak pertama, tepatnya pada menit 45+5.

Kemenangan tim Juku Eja di awal babak pertama, dicetak oleh Yuran Fernandes melalui sundulan yang memanfaatkan situasi bola mati.

Terlihat, laga baru berjalan tiga menit, Persebaya langsung mengancam melalui sepakan Malik Risaldi. Namun, upaya tersebut berhasil digagalkan dengan baik oleh penjaga gawang PSM, Hilmansyah.

Tidak lama berselang, PSM mencoba merespons dengan serangan balik, meski belum cukup mengancam pertahanan kiper Persebaya, Ernando Ari.

Persebaya terus menekan dengan peluang yang hampir saja berbuah gol. Arief Catur melepaskan tembakan mendatar yang sayangnya hanya melebar tipis di sisi kanan gawang PSM.

Dimotori oleh Malik Risaldi, Persebaya berkali-kali mendominasi serangan dan menekan area kotak penalti PSM, menghasilkan dua peluang berbahaya.

PSM yang kesulitan membongkar pertahanan Persebaya lewat permainan terbuka, akhirnya mampu mencuri gol lewat skema bola mati pada menit ke-16.

Berawal dari umpan matang Ananda Raehan, Yuran Fernandes sukses menyundul bola dan Ernando Ari tak mampu menjangkau bola tersebut. Gol tersebut sempat dicek oleh VAR, namun wasit mengesahkan gol Yuran, membawa PSM unggul 1-0.

Tertinggal 1-0, pemain Arek-arek Suroboyo ini menaikkan tempo permainannya. Hanya saja, tidak mampu menembus barisan pertahanan PSM yang dikoordinir Yuran Fernandes, sang kapten Juku Eja.

Namun, malapetaka terjadi di masa injury time. Pelanggaran yang dilakukan PSM di menit ke-45+5 mampu dimanfaatkan dengan sempurna Rashid.

Tendangan keras yang dilakukan tidak mampu dihadang barisan pertahanan PSM, begitu juga Ilhamsyah. Bola bersarang di gawang bagian kanan Hilamansyah. Usai gol itu, wasit pun membunyikan Pluit tanda pertandingan untuk babak pertama usai dan kedudukan tetap 1-1.

Untuk saat ini, Persebaya bertengger di posisi puncak klasemen sementara dengan poin 18 sementara Tim Juku Eja di posisi ke empat dengan poin 16.(Uce)

Susunan Pemain:

Persebaya Surabaya (4-3-3):
Ernando Ari; Mikael Tata, Slavko Damjanovic, Kadek Raditya, Arief Catur; Mohammed Rashid, Gilson Costa, Francisco Rivera; Bruno Moreira, Rizky Dwi Pangestu, Malik Risaldi.
Pelatih: Paul Munster

PSM Makassar (3-5-2):
Hilmansyah; Aloisio Neto, Syahrul Lasinari, Yuran Fernandes; Victor Luiz, Akbar Tanjung, Ananda Raehan, Latyr Fall, Victor Dethan; Ricky Pratama, Tito Okello.
Pelatih: Bernardo Tavares

  • Bagikan

Exit mobile version