Pj Sekkot Buka Kegiatan Forum Konsultasi Publik BPOM

  • Bagikan

Suasana saat Pj. Sekretaris Daerah, Ilham Hamid, SE., M.Si., mewakili Pj Wali Kota Palopo di acara Forum Konsultasi Publik Balai Pengawas Obat dan Makanan di Palopo (BPOM). --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pj. Sekretaris Daerah, Ilham Hamid, SE., M.Si., mewakili Pj Wali Kota Palopo membuka Forum Konsultasi Publik Balai Pengawas Obat dan Makanan di Palopo (BPOM).

Forum konsultasi publik yang diadakan BPOM Palopo dengan tema "Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pemahaman Regulasi dan Kemudahan Akses Informasi" ini, digelar di Aula Hotel Value, Jl. Andi Kambo, Surutanga, Kec. Wara Timur, Rabu (23/10/2024).

Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palopo, Burhan Sidobejo, SH., MH., pada pembukaan forum mengungkapkan, sebagai organisasi pemerintah, kita harus update dalam artian jika terjadi perubahan, maka kita harus menyesuaikan dengan perubahan itu.

"Lewat mekanisme forum komunikasi publik inilah kami harapkan, kami dapat mengkoreksi atau kami mendapatkan masukan tentang pelayanan yang lebih baik. Karena bagaimanapun juga yang menerima layananlah yang lebih bisa memberikan komentar atas layanan yang telah diterima," kata Burhan.

Burhan menambahkan, dengan wilayah pengawasan yang luas dan keterbatasan personil, tetapi pimpinan selalu menyampaikan bahwa terbatasnya sarana dan prasarana, terbatasnya orang atau personil bukan halangan untuk memaksimalkan setiap tugas-tugas yang diserahkan kepada kami.

"Tahun ini, Alhamdulillah kami meraih juara satu dalam hal penegakan hukum dari seluruh UPT se- Indonesia, walupun dengan personil yang terbatas,” katanya.

Walaupun sebenarnya, kata Burhan, menurut pihaknya sendiri belum maksimal tapi bagaimanapun juga ini adalah pemicu untuk bekerja lebih giat lagi memberikan yang terbaik.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah, Ilham Hamid, menyampaikan apresiasi atas komitmen dan konsistensi Balai POM Palopo dalam rangka memastikan pelaksanaan pengawasan obat dan makanan di wilayah Palopo dan sekitarnya.

“Upaya proteksi tersebut tentu memberi rasa kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, dalam mengkonsumsi obat dan makanan berdasarkan standar kesehatan,” kata Ilham Hamid.

Ilham berharap, melalui konsultasi publik ini Balai POM dapat menyerap aspirasi, masukan, dan bahkan koreksi dari stakeholder terkait dalam rangka mendoorong peningkatan performanya untuk mencover tugas dan tanggung jawab pelayanan kepada masyarakat di wilayah kerja yang mencakup beberapa kabupaten/kota.

"Setelah konsultasi publik ini dilaksanakan, maka diharapkan terjadi partisipasi aktif masyarakat dalam membantu BPOM melakukan pengawasan peredaran obat dan makanan di sekitarnya. Masyarakat perlu diedukasi secara komprehensif sebagai upaya memproteksi diri, keluarga dan lingkungan dari dampak buruk obat dan makanan," katanya.

Pada kesempatan itu juga, Ilham secara khusus menyampaikan pesan dari Pj. Gubernur Sulsel dan Pj. Wali Kota Palopo, bahwa menghadapi momentum pemilukada 2024, seluruh komponen masyarakat agar saling bahu membahu mendukung terwujudnya suasana kondusif.

“Menciptakan Pilkada damai dan aman selama dan sesudahnya, sehingga pengembangan sektor UMKM dan kesehatan tidak terganggu dan tidak merusak citra daerah kita,” ujarnya.

Adapun yang menjadi narasumber pada forum konsultasi publik itu yakni, Kepala Seksi Pengawasan III Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palopo, Faisal Amansyah, Ahmad Hasan, selaku Analis Keimigrasian I dari Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Palopo,
Dwi Ariyanti, Pengawas Farmasi dari BPOM Palopo.

Dalam kesempatan itu juga diberikan sertifikat izin edar kepada sejumlah pelaku usaha yang diserahkan oleh Pj. Sekretaris Daerah.

Dengan sertifikat ini diharapkan para pelaku usaha dapat terpacu untuk menghasilkan produk-produk yang berizin edar.

Selain Pj. Sekda dan Kepala Balai POM Palopo bersama jajaran, hadir pula Kepala BNN Palopo, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palopo, Kadis Perindustrian, serta peserta yang merupakan sejumlah pelaku usaha dalam wilayah pengawasan Balai POM Palopo. (*/ami)

  • Bagikan