BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan dan Berawan, di Tana Luwu Cerah dan Berawan

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan cuaca di sejumlah wilayah Indonesia pada hari Kamis akan didominasi oleh kondisi berawan hingga hujan, memberikan peringatan bagi masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan petir di beberapa.

“Dimulai dari Pulau Sumatra, untuk Banda Aceh, Padang, dan Pekanbaru diprakirakan berawan tebal, sementara untuk Medan dan Tanjung Pinang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan,” kata Prakirawati BMKG, Sekar Anggraeni, dalam siaran prakiraan cu

Sekar menyampaikan bahwa cuaca di Jambi, Bengkulu, dan Palembang diprediksi akan mengalami hujan ringan, sedangkan hujan disertai petir diperkirakan terjadi di Pangkal Pinang dan

Di Pulau Jawa, lanjutnya, Yogyakarta diprakirakan berawan, sementara Semarang dan Surabaya diprediksi berawan tebal. “Jakarta dan Bandung diprakirakan

Selanjutnya, Denpasar dan Kupang diprakirakan berawan, sementara Mataram diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, tambahnya.

Untuk wilayah Pulau Kalimantan, cuaca bervariasi dengan Banjarmasin yang diperkirakan berawan, Samarinda berawan tebal, Tanjung Selor diprediksi akan mengalami udara kabur, Palangkaraya diprakirakan hujan ringan, dan Pontianak yang berpotensi hujan disertai petir.

Di Pulau Sulawesi, Makassar diprakirakan berawan, sementara Gorontalo, Palu, dan Manado diprediksi berawan tebal. Hujan ringan diperkirakan akan turun di Mamuju dan Kendari.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian timur, cuaca diperkirakan tebal diprediksi terjadi di Ternate, Sorong, dan Manokwari. “Ambon dan Jayawijaya diprakirakan hujan ringan, sedangkan Nabire diprediksi hujan sedang,” katanya.

Sekar juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir di Jayapura dan Merauke. “Dan perlu sobat waspadai untuk Kota Jayapura dan Merauke diprakirakan terjadi hujan disertai petir,” tambahnya.

Ia menekankan bahwa prakiraan cuaca ini merupakan gambaran umum di masing-masing wilayah. Untuk informasi cuaca yang diperbarui setiap tiga jam, masyarakat dapat terhubung melalui aplikasi InfoBMKG yang tersedia di Playstore maupun AppStore.
Bagaimana di Tana Luwu? Kondisi cuaca di daerah ini, rata-rata cerah dan berawan. Di Palopo sendiri pada siang hari cerah dan malam harinya berawan dan berawan tebal. Hal sama juga terjadi di Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur. (fjr/pp/uce)

  • Bagikan