Diberi Anggaran Rp64 M, Menteri HAM Natalius Pigai Minta Rp20 Triliun

  • Bagikan

Menteri HAM Natalius Pigai

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Hak Asasi Manusia (HAM), Natalius Pigai mengeluhkan anggaran kementerian yang ia pimpinnya saat ini yang dianggapnya masih sangat kurang.

Menteri HAM, Natalius Pigai. Menilai bahwa anggaran di Kementeriannya saat ini yang sebesar Rp64 miliar tidak dapat mencukupi untuk mewujudkan visi Presiden RI terpilih Prabowo Subianto terkait HAM, dan perlu dinaikkan di atas Rp20 triliun.

"Maka, tim transisi rombak itu anggaran dari cuma Rp64 miliar jadi Rp20 triliun," tegas Menteri HAM Natalius Pigai, 22 Oktober 2024.

"Kalau negara punya kemampuan, maunya di atas Rp20 triliun. Pigai bisa bangun. Saya ini orang pekerja lapangan," sambung Pigai.

Sosok yang belum lama dilantik sebagai Menteri HAM tersebut menganggap bahwa penyusunan visi, misi, dan strategi sampai penyusunan anggaran Kementerian HAM haruslah dapat dilihat sebagai potret pembangunan HAM secara menyeluruh.

Menteri HAM Kabinet Prabowo tersebut mengungkapkan bahwa untuk mencapai pembangunan HAM tersebut diperlukan anggaran yang mencukupi.

"Anggarannya kecil, enggak bisa," curhat Natalius Pigai.

Diketahui, Natalius Pigai resmi dilantik sebagai Menteri HAM oleh Presiden RI terpilih Prabowo Subianto, pada 21 Oktober 2024 lalu, Kementerian HAM yang dipimpinnya saat ini adalah hasil pemecahan nomenklatur dari lembaga Kementerian Hukum dan HAM RI. (*/rl/pp)

  • Bagikan