Pj Wali Kota Beberkan Kegiatan Gerakan Pangan Murah dan CPPD di Palopo di Hadapan Wadir Bulog

  • Bagikan

Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP., SH., M.Si menyambut kunjungan kerja Mayor Jenderal TNI (Purn.) Dr. Marga Taufiq, Wakil Direktur Utama Perum Bulog, Kamis (24/10/2024). --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pj. Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP., SH., M.Si menyambut kunjungan kerja Mayor Jenderal TNI (Purn.) Dr. Marga Taufiq, Wakil Direktur Utama Perum Bulog, Kamis (24/10/2024).

Kunjungan kerja dari Wakil Direktur Utama Perum Bulog ini adalah mengunjungi sentra-sentra pangan, khususnya yang ada di Sulawesi Selatan.

“Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Sidenreng Rappang menjadi penyangga pangan nasional, khususnya beras. Waktu kunjungan ini bertepatan dengan saat ada acara panen,” kata Marga Taufiq dalam sambutannya.

Selain pembinaan kepada petani untuk peningkatan produksi, kata Marga, pihaknya juga membina khusus untuk bagaimana caranya sebagian dari hasil produksi masyarakat ini bisa ditarik masuk ke gudang sebagai cadangan.

“Seperti yang diketahui tugas Bulog ada 3, yaitu menjaga stabilitas harga khususnya harga pokok, menyalurkan beras untuk bantuan sosial dan pengelolaan stok pangan,” katanya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Palopo, Firmanza DP, mengatakan, Pemerintah Kota Palopo mengaku menjalin komunikasi yang baik dan akan membantu sepenuhnya Bulog.

“Kami juga ditugaskan untuk menjaga dan mengendalikan laju inflasi di Kota Palopo. Tiap minggu kita mengadakan rapat dan juga menggelar aksi di lapangan, yaitu gerakan pangan murah,” kata Firmanza DP.

Hal ini, kata Firmanza, sebagai wujud kerja sama dengan Bulog dengan beberapa pihak lainnya.

“Kami juga memiliki Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) yang sudah bekerja sama dengan Bulog. Pangan itu sangat penting bagi masyarakat,” katanya.

Dalam rangka mengakselerasi program Presiden RI terutama untuk makanan siang bergizi gratis, lanjut Firmanza, Pemerintah Kota Palopo telah mempersiapkan untuk tahun 2024 dan tahun 2025.

“Kami telah menyusun program dan menyiapkan anggaran, namun belum mendapatkan petunjuk lebih lanjut bagaimana tekhnis operasionalnya dil apangan,” ujarnya.

“Kita akan siap senantiasa bersinergi dengan Bulog dan Forkopimda dalam rangka menjaga stabilitas pangan di Kota Palopo dan ketersediaan pangan di Kota Palopo,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimda Kota Palopo, Kepala Bulog Palopo, Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, serta tamu undangan. (*/ami)

  • Bagikan

Exit mobile version