Debat Kandidat Torut di Misiliana Hotel Rantepao, KPU Palopo Jadwalkan 31 Oktober di Makassar

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO - Debat publik para kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara digelar pada awal November.

Hal ini diungkapkan oleh Harsal Lahiya Komisioner KPU Toraja Utara saat Coffee Morning bersama media di Tori Cafe, Selasa (22/10/2024).

Komisioner KPU Toraja Utara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM mengatakan di depan awak media bahwa debat kandidat akan digelar pada awal November 2024.

"Debat rencananya akan digelar pada tanggal 4 November dan bertemu di Toraja Misiliana Hotel," ungkap Harsal Lahiya.

Sementara itu Jan Hery Pakan Ketua KPU Toraja Utara menambahkan total keseluruhan surat suara Pilbup Toraja Utara, 187. 772.

"Logistik yang masuk di gudang KPU Toraja Utara berupa kotak suara, bilik suara, tinta, segel sampul," jelasnya.

Ini Larangan Pemasangan Alat Peraga Kampanye Bagi Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Toraja Utara

Lebih lanjut Harsal menambahkan, bahwa KPU Toraja Utara hari ini Selasa malam akan menggelar pemutaran film "Tepatilah Janji" yang sekaligus memperingati hari santri nasional yang pemutarannya serempak  dilaksanakan diseluruh indonesia.

PALOPO

Komisioner KPU Palopo, Iswandi Ismail yang dihubungi Palopo Pos kmelalui telepon Kamis kemarin, mengatakan, debat Paslon Pilwalkot Palopo dijadwalkan pada 31 Oktober 2024 di Makassar.

Hanya saja, Wandi --sapaan akrabnya--, belum bisa menjelaskan rinci mengenai tempat dan teknis pelaksanaan debat kandidat tersebut. ''Teknisnya masih dibicarakan,'' katanya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Palopo, Abbas Djohan mengatakan, pihaknya tengah membangun komunikasi dengan lembaga penyiaran dalam hal ini televisi soal debat perdana kandidat.

“Terkait waktu, rencana awal itu 31 Oktober karena telah dipresentasekan ke KPU Provinsi namun akan kembali dibicarakan dengan LO Paslon,” jelasnya.

Tema debat kandidat yang akan digelar oleh KPU Palopo mengacu pada petunjuk teknis Keputusan KPU RI nomor 1363 tahun 2024. Dimana, ada enam tema yakni kesejahteraan masyarakat, kemajuan daerah, pelayanan kepada masyarakat, penyelesaian persoalan daerah, menyerasikan pembangunan daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi dengan nasional, serta memperkokoh Negara NKRI dan kebangsaan.

Tema tersebut juga telah disampaikan oleh pihak KPU Palopo ke LO Paslon. Sementara, sub tema debat akan dirumuskan oleh panelis.

Pihak KPU Palopo juga belum menetapkan panelis untuk debat kandidat karena masih dalam tahap penggodokan.

Namun, Abbas memastikan panelis debat kandidat Paslon Wali Kota Palopo adalah pakar yang ahli di bidangnya yang berasal dari kalangan profesional, akademisi, dan tokoh masyarakat. (int-rul/ikh)

  • Bagikan

Exit mobile version