PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palopo tengah menggencarkan program penggantian kWh meter tua di seluruh wilayah kerjanya. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meningkatkan dan kepuasan layanan kelistrikan untuk pelanggan di UP3 Palopo. Wilayah kerja UP3 Palopo meliputi Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Toraja Utara.
Program penggantian ini menyasar kWh meter mekanik yang telah lama terpasang dan berpotensi mengalami penurunan akurasi. Dengan menggantinya dengan kWh meter digital yang lebih modern, PLN berharap dapat memberikan layanan yang lebih transparan dan akurat kepada pelanggan.
"Penggantian kWh meter ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan," ujar ibu Rathy Shinta Utama, selaku Manager PLN UP3 Palopo.
"Dengan kWh meter digital yang usianya lebih muda, tingkat akurasi pengukuran lebih tinggi dan memudahkan pencatatan konsumsi listrik, sehingga pelanggan dapat memantau penggunaan energi mereka dengan lebih baik," tambahnya.
Proses penggantian dilakukan secara bertahap dan terkoordinasi, dengan melibatkan petugas teknis yang terlatih. PLN UP3 Palopo juga mengimbau kepada pelanggan untuk memberikan akses kepada petugas saat proses penggantian berlangsung demi kelancaran program ini. Penggantian kWh meter ini tidak dipungut biaya alias gratis.
Selain meningkatkan akurasi, penggantian kWh meter digital juga merupakan bagian dari upaya pemeliharaan rutin guna menghindari potensi yang bisa membahayakan pelanggan. Spesifikasi pada kWh meter setiap merk yang sudah beredar, tidak memiliki standar yang sama. Pemasangan kWh meter pada pelanggan, spesifikasinya hanya berdasarkan pada daya permintaan awal saat pasang baru. Sedangkan apabila setelah itu pelanggan melakukan perubahan daya, hal ini akan mengakibatkan potensi kebakaran karena spesifikasinya lebih kecil dibanding daya terbarunya.
PLN UP3 Palopo berharap program ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pelanggan, baik dari segi akurasi pengukuran maupun kesalamatan kelistrikan saat penggunaan listrik bagi pelanggan. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, pelanggan dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi call center PLN 123. Jika masih memiliki pertanyaan atau kendala terkait program ini, dapat mengunjungi kantor PLN terdekat.(rls/idr)