Nampak Direktur Utama PT Multazam Medical Indonesia saat ujian Terbuka Promosi Doktornya di UMI Makassar.
PALOPOPOS CO ID, MAKASSAR-- Muhammad Akmar M MARS, MH (Kes) berhasil meraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan, pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Program Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.
Sidang Terbuka Promosi Doktor Muhammad Akmar dipimpin Direktur Pascasarjana UMI Prof. Dr. H. Mursalim Laekkeng, ASEAN, CPA, di Aula Lt 3 Gedung B Pasca Sarjana UMI, Jl Urip Sumoharjo No 225 Makassar, Kamis 8 Mei 2025.
Muhammad Akmar yang juga Direktur Utama PT Multazam Medical Indonesia, berhasil mempertahakan disertasinya yang berjudul Pengaruh Kualitas Layanan, Citra dan Etika Bisnis Melalui Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien di RS Multazam Gorontalo. Di hadapan para penguji; Prof. Dr. Suryanti, SE., MM., Prof. Dr. Ramlawati, SE., MM., Dr. Sumawati, SE., MM., Dr. Hj. Nurpadila, SE., MM.
Selain penguji internal, dalam promosi doktornya, Muhammad Akmar juga menghadapi penguji eksternal dari Unhas, mantan Wakil Rektor Unhas dan guru besar Unhas Prof. Dr. H. Muhammad Ali, SE, MS dan pemguji lintas disiplin Ilmu yakni, Wakil Rektor IV UMI Dr. H. M. Ishaq Shamad, MA.
Dalam disertasinya, Muhammad Akmar menemukan sejumlah kesimpulan dalam penelitian yang dilakukannya di rumah sakit yang dipimpinnya; diantaranya; ternyata kualitas layanan meningkatkan kepuasan pasien. Aspek seperti responsivitas petugas medis, fasilitas memadai, dan kemudahan akses sangat mempengaruhi kepuasan pasien.
"Contohnya, perawatan tepat waktu dan berkualitas membuat pasien merasa dihargai dan didukung, sehingga meningkatkan kepuasan mereka," kata Muhammad Akmar.
Selain itu, juga ditemukan bahwa citra rumah sakit yang positif meningkatkan kepuasan pasien. Reputasi RS Multazam sebagai penyedia layanan kesehatan yang handal dan berkualitas mempengaruhi persepsi pasien. Pasien dengan harapan tinggi terhadap rumah sakit ini merasa lebih puas jika harapan mereka terpenuhi.
"Dan etika bisnis yang baik meningkatkan kepuasan pasien. diantaranya transparansi, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap pasien adalah nilai-nilai yang penting. Ketika pasien merasa bahwa rumah sakit beroperasi dengan integritas dan peduli terhadap mereka, mereka lebih cenderung merasa puas dengan layanan yang diberikan," katanya.
Muhammad Akmar berhasil menyelesaikan studinya setelah melalui masa studi selama 4 tahun. Dan menyelesaikan disertasi dengan bimbingan dan arahan dari para dosen pembimbing.
"Dalam kesempatan ini dengan sepenuh hati yang tulus, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Prof. Dr. H. Baso Amang, SE., M.Si bertindak selaku Promotor, Prof. Dr. Hj. Syamsu Nujum.,SE.,M.Si selaku Co-Promotor, Dr. Syamsu Alam, SE.,M.Si. AK., CA., ACPA selaku Co-Promotor," katanya.
Muhammad Akmar, lahir di Bone, 03 September 1976. Suami dari Andi Eka Y D Tawil BBus SH MKn. Dengan dua putri, Nur Nailah Aqilah dan Nur Azizah Molidya.
Pada tahun 1994 Muhammad Akmar menyelesaikan Pendidikan menengah di Kota Watampone, di SMAN Negeri 2 Watampone sekarang SMAN 3 Watampone. Tahun 1999 behasil menuntaskan pendidikan S1 Farmasi di Universitas Hasanuddin Makassar. Tahun 2001 berhasil menyelesaikan Pendidikan apoteker di Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Kemudian dia melanjutkan S2 Manajemen di Universitas Gorontalo. Sedangkan S2 MARS diselesaikan di Universitas Respati Indonesia Jakarta tahun 2023. Dua tahun kemudian dia berhasil menyelesaikan S2 MH (Kes) di Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang (2025). Dan Mei 2025, meraih gelar doktor di UMI Makassar.
Pada tahun 2015 sampai sekarang, Muhammad Akmar menjadi wakil direktur RS Multazam Gorontalo. Dan daat ini, juga menjabat sebagai Direktur Utama RS MMC Pohuwato, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo sejak tahun 2024 - sekarang. (*/uce)