BPJS Keliling Sambangi Desa Saragi, Pelayanan JKN Semakin Dekat dengan Warga

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAMKESNEWS – Sebagai salah satu upaya memberikan kemudahan akses layanan, BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kembali menghadirkan layanan BPJS Keliling.


Kali ini Mobil layanan keliling milik BPJS Kesehatan Cabang Palopo hadir langsung menyambangi warga Desa Saragi, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu pada Jumat (23/05).


Layanan ini mengusung konsep jemput bola. BPJS Kesehatan membawa langsung berbagai layanan administrasi ke tengah masyarakat, seperti layanan administrasi berupa perubahan data peserta, pemberian informasi, serta penanganan pengaduan. Dengan demikian, peserta JKN tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan.


Layanan BPJS Keliling ini dinilai sangat membantu masyarakat dalam mengakses berbagai layanan administrasi JKN. Kemudahan ini dirasakan oleh banyak peserta, termasuk Marni (40), seorang warga dari desa Saragi yang berdomisili di Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu.


Ia mengungkapkan bahwa kehadiran BPJS Keliling di wilayah tempat tinggalnya sangat memudahkan proses pengurusan administrasi JKN, terutama bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau akses transportasi untuk pergi ke kantor BPJS Kesehatan.


“Dengan adanya BPJS Keliling ini tentunya sangat terbantu. Apalagi seperti kami ini yang berada di desa. Jadi tidak perlu jauh-jauh lagi dateng ke kantor BPJS Kesehatan karena layanannya sekarang sudah sampai ke desa-desa,” ujar Marni.


Marni juga mengapresiasi atas keramahan dan profesionalisme petugas BPJS Kesehatan yang melayaninya. Menurutnya, pelayanan yang diberikan sangat baik dan proses administrasi berjalan lancar tanpa adanya kendala. Salah satu layanan administrasi yang Marni manfaatkan adalah pengecekan keaktifan kepesertaan JKN miliknya dan keluarganya. Ia menyadari akan pentingnya memastikan status keaktifan kepesertaan JKN, dapat mengurangi kekhawatirananya saat ia atau keluarganya membutuhkan pelayanan kesehatan ketika sakit.


“Biasanya saya bingung mau cek status kepesertaan JKN harus ke mana. Begitu tahu BPJS Keliling datang, saya langsung manfaatkan untuk cek kepesertaan JKN saya dan keluarga saya. Dan ternyata cukup mudah dan cepat, tinggal tunjukin KTP di loket BPJS Keliling, langsung tau kepesertaan saya dan keluarga ternyata masih aktif,” ungkapnya
Untuk memperluas manfaat layanan, BPJS Kesehatan akan terus mendorong integrasi kegiatan BPJS Keliling dengan berbagai program kolaboratif dan inovatif. Melalui kerja sama aktif dengan kelurahan, puskesmas dan komunitas masyarakat, kegiatan ini ditargetkan mampu memberikan pendekatan yang lebih personal kepada peserta, sekaligus menjadi sarana edukasi tentang pentingnya menjaga status kepesertaan aktif dalam Program JKN.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan mengatakan bahwa keberadaan BPJS Keliling merupakan upaya jemput bola yang dilakukan pihaknya untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengakses layanan administrasi Program JKN.


“Melalui BPJS Keliling ini, kami ingin memastikan bahwa setiap masyarakat bisa mengakses dan mendapatkan layanan dari Program JKN ini. Kami pun berharap, layanan yang kami berikan itu bisa sampai dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di desa-desa, bahkan di desa terpencil sekalipun,” ungkap Dahniar.


Pelaksanaan BPJS Keliling ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam hal administrasi, tetapi juga menjadi sarana edukasi secara langsung kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keaktifan status kepesertaan JKN. Banyak warga yang sebelumnya belum menyadari bahwa kepesertaan JKN ini bisa tidak aktif karena berbagai alasan administratif.


Program BPJS Keliling ini, menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan akses, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari kantor BPJS Kesehatan. (sy/ra)

  • Bagikan

Exit mobile version