Tenang Berwisata di Kota Tua, Ada Layanan BPJS Kesehatan Keliling

  • Bagikan
SERBA DIGITALISASI. Petugas BPJS Kesehatan memandu peserta JKN melakukan aktivasi JKN Mobile di gawainya di Posko BPJS Keliling di tempat wisata Kota Tua Jakarta, 26 September 2024. Keberadaan BPJS Keliling sangat dirasakan manfaatnya sebagai layanan jemput bola untuk mendekatkan kepada masyarakat dalam hal memudahkan peserta JKN dalam mengurus berbagai administrasi kepesertaan, seperti pendaftaran baru, perubahan data, hingga mendapatkan informasi terkait program JKN. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- BPJS Kesehatan terus berbenah dalam menghadirkan pelayanan prima. Salah satunya melalui Program BPJS Keliling. Salah satunya di Kawasan Wisata Kota Tua, DKI Jakarta.

Upaya “jemput bola” seperti ini rutin dilaksanakan karena dianggap efektif dalam memberikan pelayanan prima dengan jarak lebih dekat dengan masyarakat dan peserta JKN.

Dengan adanya BPJS Keliling ini, masyarakat tidak perlu pergi jauh ke kantor cabang karena mereka bisa mendatangi tempat terdekat yang tersedia.

BPJS KELILING HADIR DI KOTA TUA. Posko BPJS Kesehatan Keliling didirikan di salah satu sudut tempat wisata Kota Tua, DKI Jakarta, 26 September 2024. Ini adalah layanan jemput bola dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Layanan ini memudahkan peserta JKN dalam mengurus berbagai administrasi kepesertaan, seperti pendaftaran baru, perubahan data, hingga mendapatkan informasi terkait program JKN. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

“Kali ini kami hadirkan BPJS Keliling di wilayah Kawasan Wisata Kota Tua agar lebih dekat dengan masyarakat. Secara geografis, kawasan ini menjadi salah satu lokasi yang jaraknya jauh dari kantor cabang kami. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peserta JKN dapat merasakan manfaat Program JKN dan terbantu dengan pelayanan yang diberikan. Mereka dapat memanfaatkan berbagai pelayanan administrasi yang sama seperti di kantor cabang sebagai salah satu upaya kami dalam meningkatkan mutu layanan kepesertaan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Unting Patri Wicaksono Pribadi.

Adapun layanan yang diberikan dalam layanan BPJS Keliling ini adalah pemberian informasi terkait penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk pelayanan kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital pada aplikasi Mobile JKN, sejumlah layanan tanpa tatap muka, hingga penjelasan terkait Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB).

TANGGAP RESPON KELUHAN MASYARAKAT. Petugas BPJS Kesehatan melayani warga yang datang di Posko BPJS Keliling di tempat wisata Kota Tua Jakarta, 26 September 2024. Segala keluhan mengenai kepesertaan hingga pelayanan di faskes akan dijawab oleh petugas dengan ramah dan akurat. Keberadaan BPJS Keliling sebagai layanan jemput bola untuk mendekatkan kepada masyarakat dalam hal memudahkan peserta JKN dalam mengurus berbagai administrasi kepesertaan, seperti pendaftaran baru, perubahan data, hingga mendapatkan informasi terkait program JKN. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Dengan menerima informasi tersebut, peserta JKN yang mengunjungi pelayanan BPJS Keliling semakin paham terkait manfaat lainnya yang selama ini belum mereka ketahui lebih jelas.

“Kebetulan sekali BPJS Kesehatan hadir di kawasan wisata Kota Tua. Saya jadi bisa lebih menghemat waktu dan ongkos. Jarak tempat tinggal saya dengan kantor cabang lumayan jauh jadi saya bersyukur BPJS Kesehatan buka pelayanan di sini, dekat dengan tempat tinggal saya. Sudah beberapa hari ini saya menunda untuk pengkinian data kepesertaan saya karena belum ada waktu untuk ke kantor cabang BPJS. Semoga semakin banyak yang merasakan manfaatnya, sehingga semua adil merata mendapatkan manfaat yang sama,” celetuk salah satu peserta JKN yang merasakan pelayanan BPJS Keliling, Samin.

MELAYANI SEPENUH HATI. Petugas BPJS Kesehatan melayani warga lansia yang datang di Posko BPJS Keliling di tempat wisata Kota Tua Jakarta, 26 September 2024. Keberadaan BPJS Keliling sangat dirasakan manfaatnya sebagai layanan jemput bola untuk mendekatkan kepada masyarakat dalam hal memudahkan peserta JKN dalam mengurus berbagai administrasi kepesertaan, seperti pendaftaran baru, perubahan data, hingga mendapatkan informasi terkait program JKN. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Duta BPJS Kesehatan yang bertugas dengan sigap dan interaktif menjawab seluruh pertanyaan peserta JKN.

Beberapa diantaranya adalah pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga peserta Pekerja Penerima Upah (PPU), cara menampilkan kartu JKN secara digital, cara mengubah kelas rawat inap maupun mengubah Fasilitas Kesehatan (Faskes) melalui Aplikasi Mobile JKN.

AKTIVASI JKN MOBILE. Warga mengerumuni posko BPJS Keliling di tempat wisata Kota Tua Jakarta, 26 September 2024. Salah satu spot yang tersedia di posko BPJS Keliling adalah Anjungan JKN Mobile. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran hingga pengaktifan JKN Mobile lewat gawainya dibantu staf ramah dan berpengalaman. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Dengan penjelasan terkait Program REHAB, beberapa peserta yang butuh melakukan pelunasan iuran merasa terbantu dengan solusi yang diberikan.

“Kegiatan BPJS Keliling yang telah diselenggarakan dalam beberapa waktu ini diharapkan dapat memberikan manfaat terkait pembaharuan informasi kepada masyarakat dan peserta JKN yang sedang berada di lokasi Kawasan Wisata Kota Tua. Dengan tersampaikannya informasi tersebut, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi peserta, sehingga meningkatan kepuasan peserta JKN. Evaluasi juga akan terus kami lakukan sehingga peserta tetap merasakan pelayanan prima yang memiliki mutu terbaik,” kata Unting.

Adanya BPJS Keliling ini sangat diterima masyarakat dengan animo luar biasa yang selalu melebihi 20 peserta JKN yang mendapatkan layanan BPJS Keliling setiap harinya.

Ke depan BPJS Kesehatan akan terus menghadirkan BPJS Keliling di wilayah Jakarta Barat, termasuk di wilayah yang padat penduduk dan jauh dari Kantor BPJS Kesehatan.

Dengan demikian masyarakat diharapkan akan semakin dekat dan mudah mengakses layanan BPJS Kesehatan. (int/idr)

  • Bagikan