Pemkot-BPJS Kesehatan Gelar Forum Kemitraan Pengelolaan Fasilitas Kesehatan, Pj Wali Kota Harap Pelayanan Makin Ditingkatkan

  • Bagikan

PALOPO POS.CO.ID, PALOPO- Pemerintah Kota Palopo dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Palopo menggelar Forum Kemitraan Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan.

Forum yang dipimpin Pj Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, S.H., M.Si., itu dilaksanakan di Ruang Rapat BPJS Kesehatan Palopo, Kamis (19/6/2025).

Forum ini dihadiri Pj Sekretaris Daerah, Ilham Hamid, Wakil Ketua II DPRD Kota Palopo, Alfri Jamil, Kepala Cabang BPJS kesehatan kota palopo, Dahniar Hasyim Dahlan, Pimpinan Perangkat Daerah terkait dan Para Direktur Rumah Sakit Kota Palopo.

Forum kali ini membahas sejumlah hal, diantaranya terkait kerjasama fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Palopo, sarana dan prasarana, SDM, dan bagaimana peningkatan layanan faskes di Kota Palopo.

Pj Wali Kota Palopo dalam arahannya mengungkapkan bahwa Forum tersebut merupakan pengejawantahan dengan pelaksanaan dari apa yang menjadi perintah undang-undang, untuk melindungi seluruh bangsa dan seluruh tanah air Indonesia termasuk di dalamnya melindungi dari aspek kesehatan.

"Saya kira apa yang selama ini kita laksanakan itu sudah berjalan dengan baik. Salah satu aspek yang diukur dengan sisi kesehatan itu adalah termasuk di dalamnya adalah IPM, IPM kita ada peningkatan, kemudian juga usia harapan hidup, sekarang ini usia harapan hidup di Kota Palopo sekitar 74,4, kita punya usia harapan hidup termasuk tinggi",

Menurutnya, melalui forum kemitraan ini, Pj Wali Kota, berharap kemudian lebih bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Yang jelas layanan kesehatan itu gratis. Kita tidak mau ada masyarakat kita yang tidak terlindungi dari aspek kesehatan. Kita mau semua terlindungi, karena itu sudah perintah undang-undang dasar, yang memerintahkan kita untuk melindungi masyarakat", jelasnya.

Pj Wali Kota menuturkan, hadirnya kita di sini, paling tidak kita memberikan masukan-masukan, kita bekerja sama supaya ada sinkronisasi, ada koordinasi sehingga implementasinya itu bisa berjalan dengan baik.

"Tentunya harapan kita ke depan tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan layanan kesehatan di Kota Palopo karena memang sudah merupakan salah satu tugas kita untuk bagaimana kemudian kita melindungi masyarakat kita termasuk di dalamnya adalah aspek kesehatan", ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala cabang BPJS Kota Palopo melaporkan terkait tentang fasilitas kesehatan dan mengingatkan kembali terkait komitmen fasilitas kesehatan terkait pelayanan prima supaya keluhan terkait dengan layanan itu sudah tidak menjadi keluhan yang berulang dari para peserta JKN. (*/ami)

  • Bagikan

Exit mobile version