Branch Manager TASPEN Cabang Palopo Silaturahim ke Redaksi Palopo Pos, Kolaborasi dengan Insan Media, Penting Dalam Penyampaian Informasi Pelayanan

  • Bagikan
Branch Manager TASPEN Cabang Palopo, Asep Slamet Riyadi foto bersama Direktur Palopo Pos, Husain Rasyid, Wakil Direktur Aryanto Tanding, Ikhwan Ibrahim, dan Pemimpin Redaksi Idris Prasetiawan.--IST--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Pimpinan baru PT. Taspen (Persero) Cabang Palopo, Asep Slamet Riyadi, yang baru menjabat 3 pekan menyempatkan bersilaturahim ke redaksi Harian Palopo Pos, Rabu 30 Juli 2025.


Kedatangannya disambut hangat Direktur Palopo Pos, Husain Rasyid, Wakil Direktur Aryanto Tanding, Ikhwan Ibrahim, dan Pemimpin Redaksi Idris Prasetiawan.


Branch Manager TASPEN Cabang Palopo, Asep Slamet Riyadi datang bersama Human Capital and General Affairs Head PT. Taspen Cabang Palopo, Khairul Rizal.


Pertemuan tersebut sebagai ajang silaturahim, sekaligus sebagai perkenalan sebagai Branch Manager TASPEN Cabang Palopo yang baru.


Dimana, Asep mengungkapkan, sebelum bertugas di Palopo, ia di kantor pusat PT. Taspen di Jakarta. Selain itu, ia juga pernah tugas di Bengkulu dan Palembang.
Meski baru 3 pekan menjabat, ia mengaku sudah seperti 3 bulan, dan perlahan mulai banyak mengenal Luwu Raya dan Toraja.


Pada kesempatan itu, Asep sangat mengharapkan kolaborasi dengan insan media, khususnya Palopo Pos dalam hal penyebaran informasi seputar pelayanan kepada para pensiunan di wilayah kerja PT. Taspen Cabang Palopo, yakni di Luwu Raya dan Toraja.


Apalagi baru-baru ini ia turut mendampingi Kepala BKN RI, Prof Zudan yang datang ke Toraja Utara, sehingga momen tersebut ia gunakan untuk berkoordinasi dengan BKN pusat, khususnya mengenai pensiunan.


"Kehadiran kami ke kantor Palopo Pos semoga terus terjalin dengan baik. Segala informasi pelayanan, segala hal yang biasa menjadi keluhan dari nasabah bisa terjawab lewat penyebarluasan informasi melalui Palopo Pos," kata Asep.


Pada kesempata itu juga, Direktur Palopo Pos, Husain Rasyid menyampaikan rasa terima kasih sudah menyempatkan waktu bersilaturahim ke redaksi Palopo Pos.


Husain juga menjelaskan seputar wilayah edar Palopo Pos yang tersebar di Luwu Raya dan Toraja, serta koran digital, dan platform media sosial, sehingga cukup banyak kanal-kanal yang dapat digunakan dalam penyebarluasan informasi dari PT. Taspen.


Palopo Pos juga merupakan jaringan media dari Jawa Pos Grup.


Sebagai informasi PT TASPEN (Persero) atau TASPEN adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyelenggarakan program jaminan sosial bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.
Taspen terus mengimbau seluruh peserta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan TASPEN. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan maraknya penggunaan layanan digital, oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan celah ini untuk melakukan tindakan penipuan dengan menyasar peserta pensiun yang rentan dalam aktivitas digital.
TASPEN menerima sejumlah laporan dari peserta tentang penipuan melalui pesan instan, telepon, atau surat elektronik yang mengatasnamakan TASPEN. Modus penipuan yang teridentifikasi saat ini berpotensi besar mencuri data pribadi dan membobol rekening peserta. Beberapa modus penipuan yang tengah beredar.


Saat ini, TASPEN bekerja sama dengan 44 mitra bayar yang terdiri dari 43 perbankan dan 1 Kantor Pos. Seluruh mitra bayar ini dipilih secara selektif untuk memberikan layanan terbaik dan setara bagi seluruh penerima manfaat. Dengan jaringan yang luas dan system layanan yang andal, peserta TASPEN memiliki keleluasaan untuk memilih mitra bayar sesuai kebutuhan dan kenyamanan masing-masing.

Penipuan dengan Modus Verifikasi dan Pembaruan Data Peserta
Penipu menghubungi peserta dengan mengaku sebagai karyawan TASPEN dan meminta peserta melakukan pembaruan data pribadi. Biasanya, pelaku menyertakan tautan digital yang dikirimkan melalui WhatsApp, SMS, atau saluran komunikasi lain. Jika diklik, tautan tersebut dapat mengarahkan peserta ke situs palsu yang menyerupai tampilan aplikasi resmi TASPEN dan merekam data pribadi seperti nomor rekening, NIP, NIK, hingga PIN atau OTP.

Penipuan Melalui Janji Kenaikan Tunjangan Pensiun atau Bonus Dividen
Dalam modus ini, peserta dijanjikan akan mendapatkan kenaikan gaji pensiun, bonus tahunan, atau pembagian dividen dari TASPEN. Pelaku membangun narasi yang meyakinkan dan mendesak peserta untuk mengakses tautan tertentu sebagai syarat pencairan dana. Faktanya, tautan tersebut adalah bagian dari upaya peretasan dan dapat menyebabkan kehilangan dana dari rekening bank.

Penggunaan Surat Tugas dan Edaran Palsu
Penipu juga menggunakan dokumen palsu yang dirancang menyerupai surat resmi dari TASPEN. Surat-surat ini umumnya mencantumkan logo perusahaan, kop surat, tanda tangan, barcode, serta gaya bahasa yang dibuat meyakinkan. Dokumen ini kerap disertai perintah kepada peserta untuk mengikuti instruksi tertentu, disertai ancaman penghentian manfaat jika tidak ditindaklanjuti.

Penipuan dengan Modus Pengembalian Dana
TASPEN menegaskan bahwa tidak ada pengembalian dana dalam bentuk apapun yang diminta kepada peserta. Seluruh layanan program TASPEN diberikan tanpa pungutan biaya/gratis. Apabila ada pihak yang mengatasnamakan TASPEN dan memberikan info terkait pengembalian dana, dapat dipastikan itu adalah penipuan.

Pastikan: Periksa & Verifikasi Sebelum Percaya. Selalu cek keaslian informasi dengan melakukan verifikasi melalui kanal resmi TASPEN,
yaitu Website : www.taspen.co.id. Call Center TASPEN : 1500 919. Email Resmi : [email protected], dan Media Sosial Resmi TASPEN : @taspen.
Jika menemukan upaya penipuan, segera laporkan ke pihak berwenang atau TASPEN melalui kanal pengaduan resmi. Dengan melaporkan, Anda membantu mencegah penyebaran penipuan lebih lanjut dan melindungi peserta lainnya.(idr)

  • Bagikan