UMB Kampus Pertama di Sulawesi Meluluskan Program Profesi Bidan

  • Bagikan

FAJAR.PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO - Pujian khusus dilontarkan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sulawesi Selatan, Hj. Suriani, S.KM, M.Sc, kepada Universitas Mega Buana Palopo.

Ini dikatakan Minggu 26 Desember 2021 pada acara Pelantikan dan Angkat Sumpah Program Profesi Bidan Universitas Mega Buana Palopo, di Gedung Serbaguna Sinar Setuju.

Menurutnya, Visi Organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menjadi organisasi Profesi yang handal dalam mewujudkan Bidan Profesional berstandar global.

Salah satu visinya adalah, meningkatkan peran organisasi Profesi dalam mengawal mutu Pendidikan.

"Nah hari ini UMB telah menjawab visi Ikatan Bidan Indonesia karena telah meluluskan Mahasiswa Program Profesi Bidan. Kita patut bersyukur, kita patut memberi penghargaan yang setinggi-tingginya karena Universitas Mega Buana telah menjawab Visi IBI dengan meluluskan beberapa generasi, dari generasi milenial lulusan D4 Kebidanan nol tahun sampai pada generasi usia lanjut," pujinya.

Ini menunjukkan, bahwa kita mencintai pekerjaan kita sepanjang hayat mengikuti aturan, mengikuti Pendidikan. Karena tuntutan Undang-Undang Kebidanan, tahun 2026 bagi Bidan yang membuka Praktek mandiri Bidan, ditutup kalau tidak mengikuti Program Profesi Bidan.

"Oleh karena itu, kami mengucapkan terima Kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Universitas Mega Buana yang telah memberikan fasilitas kepada teman-teman sejawat Bidan di Kota Palopo bahkan di seluruh Sulawesi bisa mengikuti Pendidikan dan selesai Pendidikan di Universitas Mega Buana dengan Akreditasi yang terukur, UMB telah meluluskan pertama kali teman sejawat untuk mendapat ijazah Profesi Bidan."

Menurutnya, dia sudah bisa bicara secara Nasional kalau di Sulawesi Selatan sudah ada Lulusan Profesi Bidannya.

Meskipun katanya tidak nomor satu di seluruh Indonesia, karena di Pulau Jawa sudah meluluskan, berapa institusi sudah meluluskan.

Tetapi, lanjutnya, di Sulawesi Selatan urutan pertama.

"Yah, ada di Universitas Mega Buana yang Pertama kali meluluskan Program Profesi Bidan," pujinya lagi.

Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Palopo yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Muhammad Taufiq M.Kes mengungkapkan rasa bangga dengan para wisudawan Universitas Mega Buana Palopo. Semoga selalu diberi kesehatan hingga selesai acara.

Di kesempatan itu juga, Muhammad Taufiq menjelaskan jika dirinya didaulat mewakili Ketua DPW PPNI Sulsel, Abdul Rakhmat tetapi karena suatu hal diberikan amanah kepada Ketua PPNI Kota Palopo.

Mewakili organisasi profesi kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya, setinggi-tingginya kepada Universitas Mega Buana yang telah meluluskan organisasi profesi perawat.

"Kami yakin bahwa teman-teman yang lulus di sini, adalah orang-orang yang punya kompetensi luar biasa. Kami yakini cara berpikir dan cara melaksanakan tindakannya terukur," ujar Muhammad Taufiq.

Lanjut Taufiq, meyakinkan kepada para lulusan profesi ners, jika pilihannya tidak salah. Memilih UMB sebagai tempat kuliah dan para alumninya juga punya kompetensi yang sangat luar biasa.

Sementara itu, Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr. Nilawati Uly, S.Si, Apt.,M.Kes. mengucapkan syukur karena dapat melaksanakan dua rangkaian acara yaitu Yudisium Sarjana dan Program Profesi, serta Pelantikan dan Angkat sumpah untuk Program Profesi Ners dan Profesi Bidan.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya mengucapkan selamat kepada yang telah dilantik dan telah melakukan angkat sumpah.

"Semoga saudara terus memberikan kontribusi terbaik sebagai sumbangsih nyata terhadap Negara Republik Indonesia," katanya.

Sumpah Profesi yang baru saja diucapkan, menandakan wujud komitmen yang tulus kepada diri sendiri serta Tuhan Yang Maha Esa untuk menjunjung etika profesi.

"Semoga dengan diucapkannya sumpah tersebut semakin meneguhkan dedikasi saudara untuk berkiprah di bidang ilmu saudara," katanya lagi.

Nilawati Uly mengungkapkan, UMB Palopo telah meluluskan VII Angkatan Profesi Ners. dan kelulusan UKOM 80%, hanya ada empat orang retaker. Semoga UKOM mendatang bisa lulus.

"Pada Program Profesi Bidan Alhamdulillah untuk kelulusan UKOM Angkatan pertama 100% dan angatan kedua 90 %, dengan Reteker 19 orang, semoga UKOM mendatang bisa lulus," bebernya.

"Nilawati Uly yang juga Ketua APTISI Tana Luwu-Toraja ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para dosen, terkhusus juga pada para dosen yang dengan penuh keikhlasan memberikan bimbingan kepada mahasiswa."

"Kami juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Yayasan Pendidikan Mega Buana yang selalu memberikan dukungan dan menyiapkan fasilitas CBT untuk mahasiswa bisa Latihan dan bimbingan UKOM secara gratis, dan Alhamdulillah mahasiswa tidak jauh-jauh lagi untu mengikuti Try out dan UKOM," katanya.

WISUDA

UMB Palopo, rencananya, Senin, 27 Desember 2021 akan melaksanakan wisuda di Gedung Serbaguna Sinar Setuju.

Menurut Nilawati Uly, ada 699 orang yang akan diwisuda. Mereka terdiri dari 513 orang Program Sarjana dan 186 orang Program Profesi.

Sebelumnya, Minggu, 26 Desember 2021, beberapa rangkaian acara dilakukan, yakni Yudisium Program Sarjana dan Program Profesi.

Adapun yudisium program sarjana yakni, S1 Ilmu Hukum, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, dan D4 Kebidanan.

Sementara Yudisium Program Profesi yakni Profesi Ners dan Profesi Bidan.

Kemudian dilanjutkan dengan acara Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners. dan Profesi Bidan.

Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners oleh Ketua DPC PPNI Kota Palopo yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Taufik, S.Kep, Ns. M.Kes.

Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Bidan oleh Ketua Pengurus Daerah IBI Sulawesi Selatan, Hj. Suriani, S.KM.,M.Sc.

Pada kegiatan ini, nampak hadir Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H.Rahim Munir Said, S.P.,M.M, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo yang juga Ketua DPC PPNI Kota Palopo, Taufik, S.Kep.Ns.,M.Kes, Ketua Pengurus Daerah IBI Sulawesi Selatan, Hj.Suriani, S.KM, M.Sc.Bapak/ dan ibu Rohaniawan, para wakil Rektor dan Unsur Pimpinan, beserta dosen dan pegawai Universitas Mega Buana. (uce-idr)

  • Bagikan