Daun Bidara Si Kecil Kaya Manfaat, Ampuh Lawan Infeksi Lho!

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ini wajib Anda tahu. Yah, manfaat Daun Bidara untuk kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana biasanya hidup di tempat yang kering.

Pohon ini sudah banyak dijumpai di Indonesia. Secara fisik, pohon ini berukuran sedang yaitu hanya sekitar 15 cm saja.

Yang paling diperhatikan dari pohon bidara ini adalah daunnya. Sejak zaman dahulu, banyak orang yang mempercayai khasiat daun bidara untuk kesehatan.

Daunnya berbentuk bulat gading berwarna hijau cerah dengan sedikit warna putih. Selain daunnya, ada juga buahnya yang tak kalah bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Namun, daunnya paling banyak dicari karena dianggap paling mujarab.

Nah, di sini kita akan membahas manfaat dari daun bidara ini yang dikutip dari Artikel International yaitu Steemit.com. Yuk di simak penjelasan di bawah ini :

*Mempercepat penyembuhan flu, pilek, dll.

Khasiat daun bidara yang pertama diketahui dapat mempercepat penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus seperti flu, pilek, dan jenis flu lainnya. Hal ini karena daun bidara mengandung antibakteri aktif yang mampu melawan penyebaran infeksi bakteri atau virus.

* Mempercepat penyembuhan luka

Selain mampu berperan sebagai antibakteri aktif, daun bidara juga diketahui mengandung senyawa antiseptik. Dengan begitu, bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka di tubuh. Luka gores, dan jenis luka lainnya dapat dengan cepat disembuhkan dengan senyawa antiseptik yang mampu melawan infeksi.

* Baik untuk kesehatan gigi dan tulang

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa salah satu khasiat daun bidara yang bisa menjaga kesehatan gigi dan tulang. Hal ini dikarenakan daun yang tumbuh dari pohon bidara ini mengandung kalsium yang cukup tinggi. Maka tak heran jika ia bisa menjaga dan memperkuat gigi dan tulangnya.

* Berperan sebagai anti inflamasi

Peradangan sering terjadi di tubuh terutama area kulit. Daun bidara mengandung senyawa anti inflamasi yang mampu meredakan peradangan yang terjadi. Sehingga bagian tubuh yang meradang secara bertahap dapat membaik dan kembali normal.
Itulah tadi beberapa manfaat dari Daun Bidara. Semoga bermanfaat! (fjr/pp)

  • Bagikan