Basmin Anggarkan Rp1,13 M

  • Bagikan

* Rehap Ruman Korban Puting Beliung Mulai Dikerja Pekan Depan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA — Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang begitu peduli dengan warganya terdampak bencana. Seperti di Kecamatan Bua. Dengan tanggap, Basmin memerintahkan dinas terkait untuk segera merampungkan data kerusakan, dan langsung action melakukan rehabilitasi.

Salah satu dinas yang berperan penting adalah Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim). Dikatakan kepala dinasnya, H Sofyan Thamrin ST, MM, kepada Harian Palopo Pos, Selasa (11/1) yang ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan, sesuai arahan Bupati Luwu, Bapak Dr Basmin Mattayang, pihaknya sudah melakukan assesment di tiga desa yang terdampak bencana angin puting beliung di Kecamatan Bua.

“Tim sudah turun di lapangan dan mendapatkan data real by name by address jumlah rumah warga yang terdampak di tiga desa, masing-masing, desa Karang-karangan, Desa Raja dan Desa Lengkong,” ungkap Sofyan Thamrin.

Sofyan Thamrin mengatakan, terkait rencana dimulainya pekerjaan perbaikan rumah-rumah warga, pihaknya akan bekerja cepat, mengingat rumah rumah yang rusak tersebut memang harus segera dibenahi.

“Data sudah ada, dan insha Allah pekerjaan perbaikan rumah sudah bisa kita laksanakan secepatnya. Yang jelas bulan Januari ini juga akan kita tangani. Mudah-mudahan bisa kita mulai pekan depan,” kata Sofyan.

Sofyan Thamrin membeberkan berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan di lapangan, di Desa Karang-karangan terdapat 15 rumah yang terdampak, dimana 3 unit rumah mengalami rusak sedang dan 12 unit mengalami rusak ringan. Untuk di Desa Raja, terdapat 23 unit rumah terdampak, dengan rincian 6 unit rumah rusak berat, 12 unit rumah rusak sedang dan 5 unit rusak ringan. Sedangkan di Desa Lengkong, jumlah rumah yang terdampak bencana angin puting beliung sebanyak 43 unit, dengan rincian, 7 unit rumah rusak berat, 13 unit rumah rusak sedang dan 23 unit rumah rusak ringan.

“Kami mengestimasi, alokasi anggaran yang digunakan Rp 1,135 miliar untuk perbaikan 85 unit rumah di atas. Anggaran ini diambil dari Belanja Tidak Terduga. Hanya memang untuk memanfaatkan anggaran tersebut ada prosedur yang dilalui. Namun kita akan upayakan secepatnya dan tidak akan lewat dari Januari ini,” kata Sofyan.

Untuk diketahui, bencana alam angin puting beliung kembali terjadi di Kabupaten Luwu. Sabtu sore lalu, yang memprok porandakan puluhan rumah di tiga desa kecamatan Bua, yakni Desa Raja, Lengkong dan Karang-karangan. Angin kencang yang terjadi di kecamatan Bua tersebut berdampak pada kerusakan parah utamanya atap-atap rumah warga yang terletak di wilayah pesisir Desa Raja dan Desa Karang-karangan serta desa dengan hamparan dataran luas di Desa Lengkong kecamatan Bua. Bahkan kencangnya angin puting beliung tersebut merobohkan rumah kayu sejumlah warga di tiga desa di kecamatan Bua itu.

Bencana angin puting beliung yang merusak rumah-rumah warga di Kecamatan Bua tersebut, langsung ditinjau Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd, didampingi beberapa pejabat OPD dan orang nomor satu di Kabupaten Luwu ini meminta OPD terkait membantu meringankan dampak bencana angin puting beliung ini bahkan meminta untuk membenahi kembali rumah-rumah warga yang terdampak.(and/idr)

Rincian Kerusakan Rumah Warga
– Desa Karang-karangan : 15 rumah terdampak
3 rumah rusak sedang, 12 rusak ringan
– Desa Raja : 23 rumah terdampak
6 rumah rusak berat, 12 rumah rusak sedang, dan 5 rusak ringan
– Desa Lengkong : 43 rumah terdampak
7 rumah rusak berat, 13 rumah rusak sedang, dan 23 rusak ringan

– Estimasi anggaran yang digunakan Rp 1,135 M untuk perbaikan 85 rumah.

  • Bagikan