Pasar Rakyat dan Pameran Meriahkan Hari Pertama PBTL

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO –– Hada hari pertama Pekan Budaya Tana Luwu (PBTL) Tahun 2022, Senin, 17 Januari pekan depan, tak hanya diisi kirab budaya. Juga dilaksanakan pembukaan pasar rakyat, pameran benda pusaka, serta pameran lukisan dan fotografi.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Palopo, Nuryadin SH MSi MH yang dikonfirmasi Palopo Pos, Selasa, 11 Januari 2022, membenarkan pelaksanaan pasar rakyat pada PBTL. Pada pasar rakyat, Disdag menjual kebutuhan pokok dengan harga distributor. Terutama komoditas pangan minyak goreng dan gula pasir karena harganya naik.

Terpisah Koordinator Seksi Acara PBTL 2022, Salahuddin Abadi yang dihubungi Selasa kemarin, menyebutkan, sesuai jadwal tentatif, pasar rakyat dilaksanakan selama satu pekan di Lapangan Gaspa. Sedang pameran benda pusaka dan pameran lukisan dan fotografi dilaksanakan di halaman Istana Kedatuan. Pembukaan kegiatan ini pada pukul 16.00 Wita.

”Peserta pelaku UMKM sandang, kerajinan, dan kuliner. Penanggung jawab kegiatan pasar rakyat yakni Dinas Koperasi-UKM, Dinas Perindustrian, dan Dinas Perdagangan,” jelasnya.
Malamnya, dilaksanakan “mattompang arajang” atau ritual pencucian benda pusaka di Istana. Bersamaan dilaksanakan pula “massureq I La Galigo atau membaca sureq Galigo dan “mallili arajang” atau mengarak benda pusaka keliling Istana.

Sementara acara pembukaan PBTL ditandai dengan pengibaran bendara Kedatuan bersama dengan bendera merah putih di Lapangan Istana Kedatuan. Lalu dilakukan pemukulan gendang oleh Datu bersama empat kepala daerah se Tana Luwu di tempat yang sama. Serta menerima penghormatan peserta kirab budaya di Jl. Andi Djemma oleh Datu bersama empat kepala daerah se Tana Luwu. (ikh)

  • Bagikan