HMD Diskusi Akademisi, Pemprov Belum Berpihak ke Desa

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO– Dalam kunjungan ke Daerah Pemilihan (Dapil) Tana Luwu, anggota DPRD Sulsel, Dr H Husmaruddin SE MM berdiskusi dengan akademisi beberapa perguruan tinggi pada sebuah cafe di Palopo, Sabtu, 22 Januari 2022.

Tampak hadir Direktur Pasca Sarjana UMPalopo Dr Muh Yusuf Qamaruddin, Pembantu Rektor, dan Direktur Lembaga Kajian Pelayanan Publik dari Unanda, Dr Syahiruddin Syah.

HMD yang juga akademisi UMPalopo membicarakan tentang ujung tombak Pemerintahan Desa (Pemdes), Pemkab, Pemprov untuk bersinergi mewujudkan pemerintahan Sulsel dan Tana Luwu yang lebih baik ke depan.

Masalah yang mengemuka dalam diskusi yakni Pemprov dan Pemda di SulSel belum berpihak secara nyata ke Pemdes. Contoh APBD Provinsi belum ada secara khusus masuk ke APBD Desa seperti di Jabar, dan provinsi lain.

Selain itu, SDM di desa masih rendah sehingga sangat penting melibatkan perguruan tinggi Tana Luwu dalam pelatihan-pelatihan pengelolaan keuangan desa, manajemen pemerintahan desa, dan seterusnya. (ikh)

  • Bagikan