POSSI Kota Palopo Terbentuk, Siap Cetak Atlet Selam Handal

  • Bagikan

* Juga Kolaborasi dengan Pemkot Lestarikan Lingkungan Pesisir

PALOPO — Organisasi Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Palopo terbentuk. Di bawah naungan KONI Kota Palopo, POSSI siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Palopo dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir serta mencetak atlet
olah raga selam yang handal di pelbagai event daerah dan nasional nantinya.
Pelantikan dilakukan di Cafe Sweetness, JL. Andi Kambo, Kamis 3 Februari 2022. Dimana Ketua PSSI Kota Palopo, Dedy Asriady Uly, S.Pi dilantik oleh Ketua POSSI Sulsel, Ir H Irwan Intje MM disaksikan Ketua KONI Palopo, Haerul Salim, Kadis Perikanan Kota Palopo, Hj.
Nurlaeli S.Pt.,MP, Kadis Damkar Kota Palopo, Andi Muzakkir Poke, perwakilan Syahbandar Pelabuhan Tanjung Ringgit, dan Basarnas Kota Palopo. Serta hadir pula Pembina POSSI Kota Palopo, DR Irman Halid, Nasruddin Nakir, juga Ketua APSSI Sulsel, Marwal Iskandar.
Pelantikan diawali dengan pembacaan SK Pengurus POSSI Kota Palopo Periode 2021-2025 dilanjutkan dengan penyerahan pataka dari Ketua POSSI Sulsel ke Ketua POSSI Kota Palopo.


Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan yang diawali Ketua PSSI Kota Palopo, Dedy Asriady Uly, S.Pi. Dalam sambutannya Dedy mengungkapkan rasa terima kasih atas terbentuknya POSSI Kota Palopo. Dedy berharap nantinya akan lahir atlet-atlet olah raga selam yang handal yang bisa mengharumkan daerah di ajang nasional dan internasional.
Seetelah dilantik, Dedy mengaku akan segera melakukan rapat kerja untuk melakukan aksi. Salah satunya mencari bibit atlet oleh raga sekaligus sosialisasi ke sekolah-sekolah. Lantaran, di Porprov Sulsel nantinya cabor olah raga selam dan kolam ini masuk cabor eksebisi dan nantinya akan dilombakan.
Untuk itu, ia memohon dukungan stakeholder baik dari pihak pemerintah dan swasta serta KONI Palopo untuk mendukung program POSSI Palopo nantinya.
Sementara itu, Ketua KONI Kota Palopo, Haerul Salim mengungkapkan, POSSI Kota Palopo menjadi cabang olah raga ke-35 dari 37 cabor keseluruhan yang terdaftar di KONI Kota Palopo.
Nantinya di Porprov Sinjai, cabor olah raga selam akan dieksebisikan dan ini menjadi acuan untuk Porprov Sulsel selanjutnya. “Kita juga sudah memohon nantinya Kota Palopo sebagai tuan rumah Porprov Sulsel setelah Sinjai,” kata Haerul.


Terakhir, Ketua POSSI Sulsel, Ir H Irwan Intje MM menyebutkan, kalau saat PON Papua lalu, Sulsel kekurangan atlet selam dan renang, hanya tiga orang. Untuk itu, dengan hadirnya POSSI Kota Palopo diharapkan mampu menyumbang atlet handal untuk berlaga mewakili Sulsel nantinya.
Lanjut Irwan, POSSI selain identik dengan olah raga selam, juga sejalan dengan kelestarian lingkungan, dan kemanusiaan. Kenapa? Karena ketika ada suatu peristiwa kejadian di air, POSSI bisa turut andil memberikan pertolongan. Selain itu, POSSI identik dengan dimensi pariwisata, khususnya pariwisata selam bawah laut. Lalu, kelestarian terumbu karang. “Jadi mari kita jaga laut kita,” ajak Irwan. (idr)

  • Bagikan