April, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa Rencana Lantik Pengurus PMTI se Luwu Raya

  • Bagikan
  • Disampaikan Saat Silaturahmi di BM Residence Hotel Palopo

PALOPO — Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) segera hadir dan membawahi daerah di Luwu Raya. Meliputi Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, dan Luwu Timur. Nantinya markas atau kantor PMTI Luwu Raya berada di Kota Palopo.

Panitia pembentukan PMTI se Luwu Raya sendiri sudah terbentuk yang diketuai oleh Alex Sambenga. Mereka mulai bekerja mempersiapkan rencana pembentukan wadah berhimpun para orang Toraja tersebut. Hal ini dilakukan mengingat jadwal pelantikan pengurus PMTI se Luwu Raya akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PMTI, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa. ”Saya ke sini lagi nanti pak wali. Bulan April nanti. Saya ke sini dalam rangka untuk pelantikan pengurus PMTI se Luwu Raya,” tandas Ketum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, saat memberikan sambutan di acara silaturahmi calon pengurus PMTI se Luwu Raya yang dihadiri Wali Kota Palopo HM Judas Amir, Kamis, lalu, di BM Residence Palopo.

PMTI di bawah kepemimpinan Pak Jenderal–sapaan akrab — ketum PMTI bergerak di bidang pemberdayaan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. ”Orang Toraja di PMTI cukup banyak. Mereka banyak yang sudah sukses di rantau. Nah, mereka ini nanti kita galang untuk kembali ke kampung untuk memajukan daerah,” sebut Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, dalam perbincangan santainya dengan Palopo Pos, usai acara silaturahmi.

Ia memberi gambaran. Contohnya begini. Di sektor pariwisata. Ada program pengembangan pariwisata di PMTI. Program inilah yang kita tawarkan nanti untuk kolaborasi pengurus dan pemerintah daerah. Kemudian program lainnya yang endingnya untuk peningkatan kesejahteraan. ”Begitu gambaran umumnya program kami di PMTI,” paparnya. ”Jadi PMTI tidak mengenal politik praktis ya,” tandasnya.

Ia menyebut Dewi Sartika Pasande di Luwu Raya sudah jalan membangun usaha. ”Beliau sudah bangun pabrik gabah di Luwu. Pabrik kelapa sawit di Luwu Utara,” sebut Pak Jenderal.

Dewi Sartika Pasande adalah ketua bidang luar negeri PMTI. Ia mengkoordinir 1 juta sang torayaan yang tersebar di sejumlah negara.

Ia berharap pengurus PMTI se Luwu Raya sudah bisa terbentuk sebelum bulan April. Jadi tahun ini sudah ada pengurus PMTI di Luwu Raya.(ary)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Bagikan