Mentan RI Buka Pasar Seni dan Pusat Kuliner To’ Pao Toraja Utara

  • Bagikan

Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo saat menandatangani prasasti Pasar To’ Pao. –albert tinus–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO– Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, membuka pasar seni dan pusat kuliner oleh -oleh khas Toraja dan Cofee shop To’ Pao di Bua, Kecamatan Kesu’ .Sabtu, 5 Februari 2022.

Pembukaan Pasar To ‘ Pao ditandai dengan memukul gendang yang dilakukan Mentan RI bersama Bupati Torut serta penandatangan prasasti.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian RI mengatakan tempat ini sangat bagus. Pemerintah daerah bagus mempromosikan hal-hal yang seperti ini. Apalagi, setelah dua tahun seluruh dunia dihantam covid, orang sudah jenuh. ”Nah, dengannya adanya Pasar To’ Pao ini, sangat baik bisa memulihkan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Menurut Syahrul, saat ini yang pertama pulih adalah pertanian. Indonesia bisa bertahan hingga saat ini karena pertaniannya hebat. Naik 16,42 persen. Tahun ini, ekspor pertanian Rp45 triliun. Yang kedua adalah, pariwisata. Saat dibuka, langsung obyek wisata ramai di seluruh dunia.

Mentan RI, Syarul Yasin Limpo didampingi Bupati Torut Yohanis Bassang memukul gendang bersama Owner Samuel Lande menandai pembukaan pasar seni dan kuliner To’ Pao, Sabtu, 5 Februari 2021. –albert tinus–

“Tempat ini sudah betul. Siapa lagi yang mau bantu rakyat jualan di sini kalau bukan kita. Jadi, tempat ini hanyalah tempat sekaligus momentum, bukan hanya momentum tapi di sini adalah semangat kemauan bersama untuk menghadirkan Toraja yang besok harus lebih baik. Kalau ada apa-apa di tempat ini Sam dan Eva kasih tahu saya,” kata Mentan RI.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mengucapkan selamat datang kepada menteri. ”Sungguh kami bangga sebagai orang Toraja. Atas kehadirannya, dalam rangka persiapan meninjau lokasi pelaksanaan Rakornas kementrian pertanian,” katanya.

Menurut Bupati, masyarakat Toraja Utara harus siap karena begitu banyak orang akan datang. Para menteri,10 gubernur terbaik dan 10 bupati terbaik akan hadir di Toraja Utara.

”Olehnya itu, kebersihan kita jaga, ketertiban kita jaga. Supaya, kita harap rakornas kementrian pertanian bisa sukses. Dan selamat atas pembukaan Pasar Seni dan pusat kuliner khas Toraja di To’ Pao ini,” kata Bupati Torut.

Sementara Samuel Lande selaku owner Pasar To’ Pao dalam sambutannya mengatakan, Pasar To’ Pao adalah awal kebangkitan pariwisata di Toraja Utara. Di mana katanya, selama dua tahun pandemi Covid-19 semua dibatasi.

Kegiatan sosial, pariwisata ditutup dan kegiatan lainnya.

“Kami pengelola sugguh sangat bersyukur Pak Menteri waktu yang sangat terbatas di Toraja Utara namun dapat berkenan berkunjung meresmikan pasar seni dan pusat kuliner khas Toraja dan pusat oleh-oleh di To’ Pao,” katanya.

Sungguh besar perhatian Pemerintah Kabupaten Toraja Utara terhadap pelaku pariwisata. Tidak ada cerita pesimis , tapi tetap Optimis.

Pasar To’ Pao adalah usaha milik keluarga dimana Pemiliknya adalah Kalebu’ Toding Allo, mertua dari Samuel Lande,SH anggota DPRD Toraja Utara Fraksi PDI Perjuangan dan Pengelola Atik Toding Allo .

Pasar To’ Pao memiliki 40 toko souvenir dan oleh-oleh dan 12 konter cafe dan restauran. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam. Total 70 unit namun ada toko mengambil 2 unit .

Hadir dalam acara pembukaan pasar To’ Pao yakni Wakil Bupati Taoraja Utara Frederik V. Palimbong ,Dandim 1414 Tator Letkol Inf Amril Hairuman Tehupelasury, S. I. P, Anggota DPR RI Eva  Stevany Rataba , Kadis Pariwisata Yorry Lesawengan Anggota DPRD Torut Harun Rante Lembang,ST ketua fraksi Nasdem Torut  yang juga Ketua Karang Taruna Toraja Utara, Kadis Pertanian Medan Sandabunga dan Deni JM Kacab Bank Sulselbar Toraja Utara .(albert)

  • Bagikan