Basmin Beberkan Keberhasilan Pembangunan

  • Bagikan

*Pada Peringatan HUT Ke-16 Belopa sebagai Ibukota Kab Luwu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA—Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd membeberkan sejumlah keberhasilan pembangunan dihadapan para wakil rakyat DPRD Luwu pada Sidang Paripurna peringatan Hari Jadi ke-16 Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu, Minggu 13 Februari 2022.

Orang nomor satu di Luwu ini menyampaikannya sejumlah penghargaan serta capaiannya selama memimpin Kabupetan Luwu baik melalui program pembangunan jangka panjang maupun menengah.”Penyelenggaraan pembangunan yang kita laksanakan ditujukan untuk pencapaian visi sebagaimana yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah maupun rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Luwu. Visi daerah kita yaitu Kabupaten Luwu yang maju, sejahtera dan mandiri dalam nuansa religi ,”ungkap Basmin seraya mengatakan visi tersebut dijabarkan dalam 10 misi pembangunan daerah

Beberapa penghargaan disampaikan Basmin Mattayang, diantaranya pencapaian dalam sektor kesehatan, dimana Luwu mampu mewujudkan berbagai standar pelayanan minimum dalam bidang kesehatan, “luwu saat ini menjadi wilayah yang bebas open defecation free (ODF) dengan penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat atau STMB award. Kabupaten Luwu juga berhasil meraih penghargaan Swastisaba Wistara sebagai penghargaan tertinggi dalam pelaksanaan kabupaten kota sehat di Indonesia,”sebutnya.

Berbagai sarana dan prasarana telah dibangun untuk mendukung proses belajar mengajar di seluruh sekolah di Kabupaten luwu, seperti pembangunan RKB, rehabilitasi RKB, laboratorium sekolah, tempat ibadah sekolah, bangunan MCK sekolah serta pagar sekolah serta bantuan penyelesaian pendidikan bagi siswa kurang mampu, juga pemberian seragam sekolah bagi siswa.

“Untuk pencapaian infrastruktur, saat ini pengaspalan jalan sepanjang 486 KM telah dilaksanakan dalam upaya mempermudah akses perekonomian masyarakat. Demikian pula pembangunan jalan beton sepanjang 207 KM dalam upaya mempermudah akses daerah terpencil serta pengkerikilan jalan sepanjang 1.239,79 KM, sebagai upaya menambah akses daerah terpencil, demikian pula pembangunan jembatan, pembangunan drainase, pembangunan talud,”tuturnya.

Pada pembangunan sosial kemasyarakatan diantaranya pemberian bantuan berupa hibah kepada imam masjid, guru mengaji dan guru sekolah minggu di seluruh Kabupaten Luwu, rehabilitasi masjid Agung Belopa melalui bantuan rehabilitasi rumah ibadah, bantuan bagi masyarakat kurang mampu, pembentukan unit pelaksana tugas pemadam kebakaran pembentukan pusat pelayanan keselamatan terpadu atau public safety centre PSC 119).

Disamping pencapaian yang ada saat ini, di pemerintahan saat ini juga telah menerbitkan regulasi kawasan bebas sampah di Kabupaten Luwu, Pembentukan desa tangguh bencana, penyusunan rencana kontijensi bencana banjir di Luwu, penguatan pelaksanaan ketertiban dan keamanan masyarakat.(and/ald)

  • Bagikan