Basmin : Marga Taufiq, Sosok WTL yang Menjunjung Tinggi Kekeluargaan

  • Bagikan

* Mayjend TNI Dr Marga Taufiq Silaturahmi Bupati Luwu dan Wali Kota Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA — Wakil Komandan Teritorial TNI Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI Dr Marga Taufiq, SH MH melakukan dinas ke Sulsel. Dalam lawatannya, jenderal TNI AD berpangkat bintang dua menyempatkan bersilaturahim dengan kepala daerah di Tana Luwu. Yakni, Bupati Luwu, Dr H. Basmin Mattayang, dan Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir MH, Selasa 15 Februari 2022, kemarin.Mantan Pangdam XVI Pattimura ini menemui secara khusus Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd di ruang kerja kantor Bupati Luwu di Belopa.

Suasana kekeluargaan melingkupi pertemuan kedua wija to Luwu selama kurang lebih dua jam.
Saat menjamu perwira tinggi TNI AD, Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang ditemani forkopimda Luwu. Di antaranya adalah Dandim 1403 Palopo, Letnan Kolonel Inf Gunawan, Pabung Luwu, Kapten CBA Marthen Luther, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Ketua Pengadilan Negeri Belopa, Purwanto S Abdullah, Kajari Luwu, Erny Veronica Maramba, Wakapolres Luwu, serta Asisten I Bidang Pemerintahan Drs Rudi R Dappi, M.Si.

“Mumpung saya melaksanakan tugas di kampung halaman, saya menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Bapak Bupati Luwu, yang tidak lain beliau adalah keluarga, kakak saya,” ungkap Mayjen Marga Taufiq.
Kepada Bupati Luwu dan forkopimda, Mayjend TNI Dr Marga Taufiq mengungkapkan tugas yang diembannya dari dari pusat teritoral Angkatan Darat untuk melakukan pembekalan bagi Dandim dan Babinsa.

“Sejak kemarin saya sudah di Rindam, Pakatto, Gowa, ada tim yang melakukan Mobile Training Team untuk pembekalan dari pusat teritoral khususnya bagi Danramil dan Babinsa. Ini setiap tahun di lakukan karena selalu ada mutasi pejabat teritoral, jadi yang masuk kita segera bekali,” ungkap Marga Taufiq seraya mengatakan tim teknis tersebut akan bergerak ke 2 Komando Daerah Militer (Kodim), yaitu Kodim 1403 Palopo dan Kodim 1414 Toraja.

Dalam kesempatan tersebut Marga Taufiq nampak nyaman berdialog dengan Bupati Luwu dan unsur forkopimda Luwu. Mantan Dandim 1403 Sawerigading Palopo ini menyatakan, di samping seorang kakak, sosok Bupati Luwu H Basmin Mattayang baginya adalah salah satu motivator yang mewarnai kehidupan dirinya sehingga ia mampu mengembangkan karir dan mencapai jabatan karir di dunia militer.

“Bupati Luwu Bapak H Basmin Mattayang memotivasi saya agar mampu mengembangkan karier setinggi mungkin. Beliau memotivasi saya bukan hanya menjadi seorang jenderal militer, tetapi meminta saya dapat menjadi panglima,” ungkap sosok Wija To Luwu pertama yang mampu meraih pangkat Mayjend dan menjadi Panglima Kodam.

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd, di hadapan forkopimda Luwu menyatakan, Mayjend Marga Taufiq baginya adalah sosok Wija To Luwu atau putra terbaik yang pernah dimilik Tana Luwu.

“Bapak Mayjend Marga Taufiq di samping sosok pejabat militer yang profesional dan cemerlang. Bagi kita, beliau adalah sosok keluarga yang patut dicontoh setiap generasi kini dan yang akan datang di Tana Luwu.

Di balik karir militer yang cemerlang, sosok Marga Taufiq adalah Wija to Luwu yang tidak pernah mengabaikan hubungan kekeluargaan. Meskipun jabatan beliau sangat tinggi, tetapi sifat kerendahan hati dan sangat mengingat keluarga sangat kental,” ungkap Basmin.

Basmin mengisahkan, sewaktu Marga Taufiq menjabat Dandim 1403 Sawerigading, sebelum pindah tugas ia berpesan kepada Marga yang sudah dianggap seperti adiknya, agar kiranya ia dapat tekun dan fokus meniti berkarir di dunia militer.

“Waktu itu saya berpesan kepada beliau jangan pulang sebelum jadi jenderal. Alhamdulillah beberapa waktu lalu beliau pulang menyandang gelar jenderal. Waktu itu saya sampaikan lagi, jangan pulang sebelum menjadi panglima. Alhamdulillah, jabatan panglimapun mampu diraih Bapak Mayjend Marga Taufiq,” kata Basmin.

Mayjend TNI Dr Marga Taufiq, SH, MH, adalah WTL kelahiran Luwu, 17 April 1964 yang sejak 6 Desember 2021 mengemban amanat sebagai Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat, dimana sebelumnya, ia menjabat sebagai Panglima Kodam XVI Pattimura. Sejumlah jabatan tinggi militer berhasil diraih sosok wija to Luwu ini diantaranya pernah menjabat Dandim 1403 Sawerigading. Alumni Akademi Militer tahun 1987 dan mahir di bidang Infanteri, juga pernah menjabat Danrem 132 Tadulako (2012), Pamen Mabesad (Dik Lemhannas – 2013), Waaster Kasad (2015), Kasdam II/Sriwijaya (2016) dan Pangdivif 2/Kostrad (2018).

Silaturahmi dengan Wali Kota

Mayjend TNI Dr Marga Taufiq, SH MH foto bersama dengan Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Gunawan, Kajari Palopo, Agus Riyanto SH, Ketua Pengadilan Negeri Palopo, Hasanuddin, dan Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Usai dari Belopa, Mayjen TNI Dr Marga Taufiq juga bersulaturahim dengan Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir dan unsur forkopimda Kota Palopo.
Kedatangan jenderal TNI bintang dua ini disambut Sekkot Palopo, Firmanza DP, lalu diantar menuju lantai 3 Balai Kota. Di atas sudah menunggu Wali Kota HM Judas Amir bersama Kajari Palopo, Agus Riyanto, Ketua PN Palopo, Hasanuddin, dan Kapolres Palopo AKBP Muhammad Yusuf Usman.
Silaturahmi berjalan sekira 1 jam dengan suasana kekeluargaan. Banyak hal yang diceritakan dalam forum pimpinan tersebut.

Di antaranya, Mayjen Dr Marga mengungkapkan baru pertama kali memasuki kantor Wali Kota Palopo yang megah ini. “Dulu kantor Wali Kota di depan Lapangan Kodim ya, kalau yang ini saya baru pertama kali masuk. Megah dan bagus ya,” kata Mayjen Marga Taufiq.
Pujian tersebut lalu dibalas Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, dengan menyebutkan, kalau Balai Kota ini ia bangun pasca pembakaran tahun 2013, lalu.

Ia membangun kantor megah ini tujuannya sebagai kantor gubernur di Tana Luwu nantinya. “Kalau sudah jadi provinsi ini Tana Luwu, kantor gubernurnya sudah duluan ada. Sudah saya persiapkan memang,” tutur HM Judas Amir, Wali Kota Palopo dua periode ini disambut tawa forkopimda yang hadir.

Mayjen Marga Taufiq juga menyampaikan tujuan kedatangannya hanya untuk bersilaturahim dengan Wali Kota Palopo. “Sambil dinas, sekalian pulkam,” ujarnya.(and/idr)

  • Bagikan