Covid Palopo Bertambah, Kini 69 Kasus

  • Bagikan

* Dr dr Ishaq: Perketat Prokes!

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Kasus Covid-19 di Kota Palopo terus bertambah. Per 14 Februari 2022 jumlah kasus positif aktif di Palopo sebanyak 52 orang. Namun, data per 15 Februari 2022, kasus aktif kembali bertambah 17 orang, total 69 orang.
Dimana pasien tersebut tersebar di 9 kecamatan, dan tertinggi di Kecamatan Wara Utara. Rinciannya 34 orang dirawat di rumah sakit (RS). Sedang 35 lainnya menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

69 warga yang positif Covid-19 masing-masing berada di 14 orang di Kec Wara, 15 orang di Kec Wara Utara, 5 orang di Kec Wara Selatan, 9 orang di Kec Wara Timur, Kec Wara Barat 1 orang, 8 orang di Kec Telluwanua, Kec Mungkajang 5 orang, Kec Sendana 1 orang, dan Kec Bara sebanyak 11 orang.

Demikian diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palopo, Dr dr Ishaq Iskandar, M.Kes kepada Palopo Pos, Selasa 15 Februari 2022.
Melihat perkembangan pasien Covid-19 yang terus meningkat dari hari ke hari, Dr Ishaq menekankan agar masyarakat tak kendor menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Penambahan ini, sebut Dr Ishaq dikarenakan dilakukan testing dan tracing kontak erat terhadap pasien sebelumnya.
”Saya imbau kepada masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan, karena ini untuk kebaikan bersama,” imbau Asisten III Setda Kota Palopo ini kemarin.

STOK VAKSIN AMAN
Selain melalui penerapan prokes yang ketat, upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 khususnya varian baru Omicron, sangat efektif dengan cara menyukseskan program vaksinasi.

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Muh Taufiq. Ia mengungkapkan, saat ini Pemkot Palopo tengah gencar melaksanakan vaksinasi untuk semua golongan usia mulai dari 6-11 tahun, orang dewasa, dan lanjut usia (lansia).

Taufiq menyebutkan, stok vaksin di Palopo sejauh ini masih aman. Dirincikan, untuk jenis Moderna tersedia 3.680 dosis, Astra Zeneca tersisa 3.080 dosis, Pfizer siap sebanyak 7.764 dosis, dan Sinovac sekitar 202 dosis.
Mengantisipasi masuknya varian Omicron, Pemkot sudah mempersiapkan fasilitas pelayanan di semua rumah sakit baik negeri maupun swasta.

“Untuk pasien Covid, rumah sakit rujukan tetap di RSUD Sawerigading. Kendati demikian, pemberlakuan prokes yang ketat; memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan diharapkan dapat menjauhkan Palopo dari Covid varian mana pun,” tandas Taufiq.

Untuk diketahui, jadwal vaksinasi untuk Selasa 15 Februari 2022 dilaksanakan di 16 titik yakni 15 titik di SD dan 1 titik di RS Tentara. Vaksinasi yang dilaksanakan ini dosis 1 dan dosis 2 dengan jenis vaksin yang berbeda-beda yakni Moderna, Astra Zeneca, Pfizer dan Sinovac.(rhm/idr)

  • Bagikan