Kembangkan Talenta Siswa Pelajar se Sulsel, Seratus Orang Enumerator Siap Ambil Data

  • Bagikan

Ketua Peneliti Baso Marannu peneliti Brin saat mengcoaching peserta sebelum ke Sekolah. –ist–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Sebanyak 100 orang enumarator yang dilibatkan pada kegiatan riset pemetaan talenta siswa-siswa se-Sulawesi siap ambil data di sekolah.

Hal itu terlihat dari proses pelepasan enumarator oleh Dekan FKIP UIM, Badruddin Kaddas, Ph.D. di gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Rabu 16 Februari.

Kegiatan riset ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan talenta yang dimiliki siswa-siswa di Sulawesi Selatan.

Riset ini akan menjadi dasar dalam mengembangkan potensi yang dimiliki siswa di Sulawesi Selatan.Para enumerator ini akan berkunjung ke sekolah untuk mendampingi siswa mengisi kuesioner yag dijadikan instrumen dalam penelitian ini.

Badruddin Kaddas mengatakan bahwa kegiatan riset ini akan memberi dampak positif kepada siswa-siswa di Sulawesi Selatan, Dampaknya adalah setelah siswa mengisi instrumen penelitian ini, maka dia akan mengetahui potensi yang ada dalam dirinya.

“Bagi siswa yg sudah mengisi maka dia akan mengetahui potensi yg ada dalam dirinya, misalnya siswa itu memiliki potensi jadi dokter, jadi direktur dan lain-lain,” pungkas alumni UTM ini.

Lebih lanjut dekan FKIP ini mengatakan, bahwa dalam penelitian ini sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, narasumber yang telah mengisi kuesioner ini akan diberikan pengharga berupa sertifikat telah berpartisipasi dalam mendukung program riset ini.

“Saya sangat mengapresiasi siswa-sisiwi yang telah membantu dalam pengisian instrumen ini, maka akan kami apresiasi dengan baik,” imbuhnya.

Lanjut Badruddin mengatakan, bahwa segala persyaratan dalam riset ini sudah terpenuhi, termasuk izin dari Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulsel, rekomendasi KCD, dan Izin dari Kanwil Agama Sulsel, semuanya dapat diakses pada link:https://mez.ink/talentariset.

“Link di atas bisa diaksea semua siswa-siswi, saya juga mengaharapkan semua unsur terkait dapat membantu dalam menyukseskan riset besar ini,” jelasnya.

Ketua Peneliti Baso Maranu menambahkan, tingkat kevalidan istrumen ini sudah teruji. Oleh karena itu dia meyakini bahwa kegiatan riset ini bisa mengukur talenta siswa di Sulawesi Selatan.

“Instrumen riset ini sudah pernah dilakukan di perusahaan, dan hasilnya sangat efektif mengetahui talenta karyawan,, dan bisa dijadikan dasar dalam pengembangan karyawan,” jelas Baso Marannu sebagai peneliti dari BRIN.

Salah seorang Enumerator dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Syahrul Ramadhan sangat senang bisa berpartisipasi dalam pengambilan data di sekolah, hal itu diungkapkan pada saat pelepasan enumerator.

”Saya sangat senang dan bahagia bisa bergabung pada riset ini. Selain belajar pada bidang riset, saya memiliki pengalaman baru dalam menghadapi narasumber sebelum saya melakukan penelitian nantinya” ungkapnya sambil tersenyum,” (rls)

 

  • Bagikan