Pelajar Beri Contoh Ganti Knalpot Bising Saat Dirazia Polres Tana Toraja

  • Bagikan

Siswa-siswi di Tana Toraja diminta mengganti knalpot bising di sekolah saat kegiatan Cipta Harkamtibmas Penertiban Knalpot Bising di SMK Pelangi, Kecamatan Makale, Sabtu (19/2/2022). –risna–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA – Satuan Lalu Lintas Polres Tana Toraja dipimpin Kasat Lantas, Iptu Adnan Leppang mengelar razia knalpot bising di sekolah-sekolah.

Hal itu digelar dalam rangka kegiatan kepolisian Cipta Harkamtibmas Penertiban Knalpot Bising di dua sekolah, yakni SMK Pelangi dan SMK Pembangunan Tana Toraja.

Kendaraan terjaring razia sebanyak delapan motor yang terdiri dari enam kendaraan berknalpot bising di SMK Pelangi dan dua kendaraan di SMK Pembangunan.

Sat Lantas Polres Tana Toraja melakukan pembinaan bagi kendaraan pelajar terjaring dengan cara memerintahkan siswa mengganti knalpot standar secara langsung di halaman sekolah.

“Motor yang terkena razia diminta mengganti knalpot standar di sekolahnya disaksikan pihak sekolah, guru dan siswa lain,” ujar Adnan, Sabtu (19/2/2022).

Menurut Adnan, hal itu bertujuan untuk memberikan contoh atau edukasi kepada siswa-siswa agar tidak lagi menggunakan knalpot bising.

“Tidak dikenakan sanksi tilang, karena penertiban knalpot bising saat ini lebih mengedepankan penindakan yang tegas dan terukur, tidak disertai dengan penegakan sanksi tilang,” terangnya.

Sementara itu, jajaran Kapolsek wilayah hukum Polres Tana Toraja juga ditugaskan memberikan imbauan ke sekolah-sekolah dan melakukan sidak.

Serta dilakukan pula sosialisasi larangan penjualan knalpot bising di toko-toko atau bengkel motor.

Upaya penertiban knalpot dilakukan jajaran personel Polri sesuai komitmen Kapolres Tana Toraja, AKBP. Juara Silalahi S.IK., M.H dalam penegakan knalpot bising untuk menghadirkan kenyamanan bagi warga Tana Toraja. (Risna)

  • Bagikan